Wali kota panen ikan patin di Palembang

id patin,wali kota palembang romi herton

Wali kota panen ikan patin di Palembang

Ikan patin (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Romi Herton memanen ikan patin di kolam milik Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan setempat dalam rangkaian kegiatan mendorong budaya mengkonsumsi ikan sebagai pilihan utama.

"Mengkonsumsi ikan hendaknya menjadi pilihan masyarakat kota setempat, karena itu pemkot berupaya optimal meningkatkan pasokan ikan di daerah tersebut," kata Romi Herton di sela-sela panen ikan patin di Gandus Palembang, Jumat.

Menurut dia, saat ini tingkat konsumsi ikan masyarakat kota yang dibelah Sungai Musi tersebut tergolong tinggi, meskipun presentasi pastinya belum didapat.

Namun, tingginya konsumsi ikan air tawar dan laut itu bisa dilihat dari peningkatan pasokan ikan dari sejumlah pemasok, bahkan dari kolam-kolam budidaya di daerah tersebut.

Ia mengatakan, panen ikan kali ini menjadi bukti kalau betapa mudahnya membudidayakan ikan di kolam-kolam dekat Sungai Musi khususnya ikan air tawar.

Karena itu, pihaknya mendorong bukan hanya gemar memakan ikan, tetapi warga juga mengoptimalisasi pekarangan untuk membudidayakan ikan air tawar minimal untuk memenuhi konsumsi keluarga, katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Palembang Harrey Hadi menjelaskan, sebanyak 8.000 ekor ikan patin dipanen wali kota hasil budidaya di pekarangan dinas tersebut.

"Ikan patin menjadi salah satu primadona masyarakat Kota Palembang untuk diolah menjadi berbagai hidangan lezar khas daerah tersebut," katanya.

Dia menambahkan, selain membudidayakan ikan di pekarangan dinas tersebut, ratusan kolam ikan air tawar milik warga juga mengembangkan ikan patin, lele dan nila yang tersebar pada sejumlah kecamatan.

Usaha budidaya ikan tersebut, mendorong peningkatan pasokan ikan di Kota Palembang, sehingga kedepan tidak lagi sepenuhnya bergantung kiriman dari daerah lain, tambah dia.