Gubernur dambakan pengembangan Candi Muaro Jambi

id candi, candi muaro jambi

Gubernur dambakan pengembangan Candi Muaro Jambi

Gubernur berharap candi Muaro Jambi dikembangkan (FOTO ANTARA)

Jambi (ANTARA Sumsel) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus berharap konsep  pengembangan kawasan (master plan) Komplek Percandian Muarojambi dapat diselesaikan tahun ini.

"Sudah diprogramkan dan proses pengembangan Komplek Percandian Muarojambi akhir tahun ini diharapkan selesai," kata Gubernur pada pembukaan Festical Candi Muarojambi di Muarojambi, Kamis.

Festival yang akan berlangsung hingga Minggu (1/6) dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Niwranda. Festival menyajikan berbagai kesenian dan budaya tradisional Jambi serta produk-produk ekonomi kreatif.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, pengembangan komplek percandian sebagai wisata sejarah dan religi akan memberi manfaat langsung bagi peningkatan perekonomian masyarakat dengan kedatangan wisatawan yang memanfaatkan jasa maupun kebutuhan lainnya yang dapat disediakan penduduk lokal.

"Pengembangan percandian diharapkan memberi manfaat langsung bagi masyarakat sekitar candi," ujarnya.

Memadukan konsep pelestarian sejarah dan pengembangan ekonomi kreatif menjadi harapan besar Pemprov Jambi terhadap pengembangan kawasan candi dengan dukungan infrastruktur lainnya.

"Master plan" pengembangan kawasan percandian akan dikoordinasikan dengan Pekerjaan Umum agar infrastruktur lain mendukung sehingga perpaduan ekonomi kreatif dan pengembangan kawasan berjalan baik.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda menegaskan Komplek Percandian Muarojambi yang begitu luas dengan ciri tersendiri harus dikembangkan.

"Kita harus melestarikan warisan sejarah dan di Sumatera hanya Muarojambi yang punya," katanya.

Menurut Wamen, pengembangan percandian akan mendatangkan manfaat langsung bagi masyarakat dengan aktifitas perekonomian yang tentunya akan membangun daerah menjadi lebih maju.

"Masyarakat akan merasakan manfaat dengan kedatangan wisatawan paling tidak akan belanja makanan disamping jasa lainnya," jelas Wamen.

Berkaca dari daerah yang telah menjadi tujuan wisata, Wamen menceritakan geliat perekonomian masyarakat menjadi meningkat dengan menjadi daerah tujuan wisata.

"Terus laksanakan Festival Candi Muarojambi ini dengan kemasan yang menarik minat wisatawan," tegasnya.  

Bahkan Sapta menawarkan konsep wisata religi bagi umat Budha seperti di  Kamboja dan Thailand yang mampu mendatangkan umat Budha di seluruh dunia.

"Umat Budha akan mengunjungi candi karena keyakinan yang mereka miliki," katanya.

Menurut dia, pengembangan kawasan Percandian Muarojambi memerlukan kerja sama semua pihak menuju warisan dunia, keberadaan candi harus dipelihara keberadaannya..(T.KR-NF/E. Supriyadi)