Lomba perahu Naga meriahkan Peh Cun

id perahu naga, lomba perahu naga di yogyakarta

Lomba perahu Naga meriahkan Peh Cun

Lomba Perahu Naga di Yogyakarta (FOTO ANTARA)

Bantul (ANTARA Sumsel) - Lomba perahu naga yang akan digelar di Laguna Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 1 Juni akan memeriahkan perayaan Peh Cun 2014 di pantai tersebut.

 "Akan ada lima kota dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) yang berpartisipasi dalam loma perahu naga," kata Bupati Bantul sekaligus Ketua Umum perayaan Peh Cun 2014 Sri Surya Widati saat jumpa pers di Bantul, Kamis.

Selain lomba perahu naga, perayaan Peh Cun yang digelar Jogja Chinese Art dan Culture Centre (JCACC) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY dan Pemkab Bantul ini juga dimeriahkan Aero Sport dan wisata udara, Laga 150 Pelukis Jogja Lion Dance Competition, hiburan, lomba barongsai.

"Pada malam harinya akan ada pembakaran naga lampion raksasa di Pantai Parangtritis. Rencananya naga sepanjang 126 meter dengan setinggi meter," katanya.

Sementara itu, kata dia ritual atau sembahyang Peh Cun dan waktu mendirikan telur pada Senin (2/6) siang pukul 12.00 sampai 14.00 WIB di kawasan Pantai Parangtritis.

Sementara itu, Ketua JCACC Tendean Hari Setya mengatakan, perayaan Peh Cun merupakan salah satu tradisi penting dalam kebudayaan dan sejarah Tionghoa, yang pada penyelenggaran kali ini merupakan perayaan ke -14 di Bantul, karena pertama digelar pada 2000 di Parangtritis.

"Perayaan Peh Cun kali ini akan menjadi momen penting karena merupakan acara besar yang lebih semarak dibanding dengan perayaan-perayaan sebelumnya, karena akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan menarik," katanya.

Pihaknya berharap perayaan Peh Cun dengan tema "doa untuk negeri" mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang menyaksikan, terlebih masyarakat mendapat kesempatan untuk menerbangkan lampion harapan yang disediakan panitia.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo mengatakan, menyambut baik dengan perayaan Peh Cun yang akan digelar di Pantai Depok dan Parangtritis, 1 dan 2 Juni mendatang.

"Kami harapkan perayaan Peh Cun ini bisa menjadi daya tarik wisatawan ke Bantul khususnya pantai, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya perayaan ini mampu menyedot wisatawan," katanya.