Tim tinjau lokasi pembanguan jembatan Musi IV

id musi iv, pembangunan jembatan musi iv

Tim tinjau lokasi pembanguan jembatan Musi IV

Tim tinjau lahan pembangunan jembatan Musi IV (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim persiapan pembangunan Jembatan Musi IV Palembang meninjau lahan yang akan dibebaskan untuk pelaksanaan proyek sarana penyeberangan tersebut.

Kepala Bappeda Kota Palembang Sapri Nungcik, Kamis mengatakan peninjauan lahan yang menjadi lokasi pembangunan proyek jembatan tersebut dilakukan di kawasan seberang ulu dan ilir Sungai Musi.

Kegiatan tersebut menjadi titik awal persiapan pelaksanaan pembangunan Jembatan Musi IV yang rencananya akan mulai pemancangan tiang pada Juli nanti, katanya.

Menurut dia, tim pemkot juga telah menginventarisir lahan dan rumah warga yang akan terkena proyek jembatan membentang dari tepi Sungai Kangkang ke Sungai Jeruju itu.

Namun, pihaknya memastikan lahan yang digunakan mayoritas bukan pemukiman atau rumah tinggal warga setempat, melainkan lahan tepi sungai dan tak berpenghuni, tambahnya.

Ia mengatakan, khusus untuk penggantian lahan pembangunan proyek Jembatan Musi IV, Pemkot Palembang mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar.

Dana tersebut akan digunakan ganti rugi lahan dan bangunan di area yang terkena proyek, katanya.

Selain itu, dia menjelaskan, Pemprov Sumatera Selatan juga mengalokasikan dana dengan jumlah yang sama untuk pembebasan lahan proyek tersebut,

"Dana tersebut digunakan untuk dokumen pembebasan lahan termasuk analisa mengenai dampak lingkungan pembangunanan Jembatan Musi IV," ujarnya.

Sapri menambahkan, pembangunan jembatan yang di seberang ulu di kawasan 14 Ulu atau tepatnya di Sungai Kangkang dan seberang ilir di area Sungai Jeruju dimulai pertengahan tahun depan.

Panjang jembatan tersebut sekitar 1,4 kilometer dengan dana pembangunan berkisar Rp300 miliar sampai Rp400 miliar. Dana dialokasikan pemerintah pusat dengan masa kerja pembangunan proyek satu tahun, atau 2015 Palembang telah memiliki sarana penyeberangan baru, tambahnya.