Jalan longsor di perbatasan OKU dengan Muaraenim mulai diperbaiki

id longsor, jalan longsor

Jalan longsor di perbatasan OKU dengan Muaraenim mulai diperbaiki

Jalan longsor di perbatasan OKU dengan Muaraenim mulai diperbaiki (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kerusakan separuh badan jalan lintas Sumatera di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Muaraenim akibat longsor, sejak awal April 2014 mulai diperbaiki setelah lebih dari satu tahun belum ada penanganan dari instansi terkait.

"Rencananya badan jalan yang tanahnya longsor tersebut akan dipindahkan ke bukit di sisi Jalan Lintas Sumatera," kata petugas Satuan Kerja Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah III Sumatera Selatan, Ponda di Baturaja, Rabu.

Pemindahan jalan tersebut karena kondisi badan jalan yang tanahnya longsor semakin parah.

"Bukit tersebut digusur dan dipangkas, sehingga badan jalan yang akan dilalui nanti sama tingginya dengan posisi jalur yang ada saat ini," katanya.

Ia mengemukakan, bukit yang digusur untuk pengganti badan jalan longsor tersebut akan dipangkas sepanjang 155 meter dengan lebar sesuai standar nasional di kawasan itu.

Dalam waktu delapan bulan atau terhitung sejak awal April lalu badan jalan yang akan dipindahkan itu segera dapat dilalui kendaraan.

Perbaikan dan pemindahan jalan itu karena terjadi longsor akibat bencana alam 5 Desember 2012 tersebut menggunakan dana APBN.