Empat kabupaten di Sumsel jadi program TMMD

id tmmd, manunggal tni, kodam ii, bupati banyuasin, pembukaan tmmd

Empat kabupaten di Sumsel jadi program TMMD

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak empat kabupaten di Sumatera Selatan menjadi program TNI Manunggal Membangun Desa Kodam II/Sriwijaya yang dibuka di Desa Sido Makmur, Kabupaten Banyuasin, Rabu.

Kabupaten yang menjadi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) itu yakni Banyuasin, Ogan Komering Ulu, Muaraenim dan Lahat.

TMMD itu dibuka Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian juga dihadiri langsung Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Bambang Budi Waluyo.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Banyuasin mengatakan, TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Pemerintah Daerah serta lapisan masyarakat.

Melalui program tersebut diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, kata dia.

Sebab TMMD merupakan program dari masyarakat yang dilaksanakan bersama terutama TNI AD.

Selain itu program TMMD juga  membantu  tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui program TMMD secara berkesinambungan, menurut KSAD diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara.

Program TMMD yang akan berlangsung selama tiga minggu itu antara lain pembangunan sasaran fisik dan nonfisik seperti  infrastruktur, fasilitas umum dan mendorong inovasi warga dalam berbenah.

Untuk TMMD di Kodam II/Sriwijaya selain wilayah Sumsel juga dilaksanakan di Kabupatren Tebo, Jambi dan Lampung Barat, Lampung.