Personel Polres OKU disiapkan jadi Duta Lalu Lintas

id polres, bujang gadis sebimbing sekundang

Personel Polres OKU disiapkan jadi Duta Lalu Lintas

Finalis delapan pasang calon Duta Lalu Lintas OKU di Baturaja, Jumat (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Personel Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan disiapkan untuk mengikuti seleksi sebagai Finalis "Bujang Gadis Sebimbing Sekundang" untuk menjadi Duta Lalu Lintas di daerah itu.

Seorang personel Polres Ogan Komering Ulu (OKU) merupakan salah satu dari delapan pasangan calon Bujang Gadis Sebimbing Sekundang yang akan menjadi Duta Lalu Lintas, kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga OKU, Aufa Syahrizal di Baturaja, Jumat.

Dijelaskannya, bagi yang terpilih dari delapan pasangan calon itu diumumkan pada acara puncak pemilihan Finalis Bujang Gadis Sebimbing Sekundang tersebut di Gedung Kesenian Baturaja, Jumat malam ini.

Acara itu sendiri langsung dinilai oleh Kapolres OKU AKBP Mulyadi di dampingi Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Iptu Feriza Lubis.

Aufa mengungkapkan, acara dua tahunan itu menginginkan adanya kolaborasi antara Disporabudpar dan Polres OKU supaya kedepannya akan membentuk satu kerja sama yang baik dan saling membantu antara kedua instansi.

"Ini khusus yang akan menjadi duta lalu lintas. Kalau terpilih nantinya pasangan tersebut tidak hanya sebagai simbolis, namun dituntut jadi pembantu kepolisian di bidang lalu lintas. Apapun tugasnya, semua diserahkan kepada pihak kepolisian," kata Aufa.

Kapolres OKU AKBP Mulyadi berharap, dengan adanya duta lalu lintas itu, maka tugas kepolisian unit lalu lintas akan sedikit ringan, karena untuk membangun ketertiban berlalulintas tidak bisa dilaksanakan tanpa bantuan pihak sipil termasuk Bujang Gadis Sebimbing Sekundang ini.

"Masalah lalu lintas sudah mulai kondusif. Kita ingin masyarakat sadar dengan peraturan lalu lintas. Setelah terpilih, maka tugasnya akan berkolaborasi dengan Sat Lantas untuk sosialisasi ke segenap lapisan masyarakat OKU seperti membantu melanjutkan program-program Sat Lantas yang pernah dilaksanakan yakni sefty reding, saka bayangkara dan polisi masuk kampus," kata Kapolres.

Selain itu lanjut Kapolres, duta yang nantinya terpilih akan difungsikan ke unit penyuluhan dan berperan sebagai pembicara, seperti di radio serta dalam kegiatan penyuluhan lalu lintas Polres mendatang.

"Kita juga nantinya menginginkan adanya terobosan-terobosan dari duta terpilih agar kedepannya polisi bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat," kata Kapolres.