Kodam Sriwijaya gelar bimbingan mental parajurit

id prajurit, prajurit tni

Kodam Sriwijaya gelar bimbingan mental parajurit

Prajurit TNI (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kodam II/Sriwijaya menggelar pekan bimbingan mental terpadu prajurit dalam jajarannya untuk meningkatkan disiplin saat melaksanakan tugas.

Sekretaris Dinas Pembinaan Mental TNI AD Kolonel Inf Bambang Sudiono dalam ceramahnya di Palembang, Selasa mengatakan untuk dapat melaksanakan tugas pokok secara baik dan profesional maka prajurit harus profesional, berdisiplin serta bermental tangguh.

"Jadi prajurit yang bermental tangguh bagi mereka yang memiliki iman dan taqwa yang kuat," katanya.

Dalam arahan itu juga disampaikan mengenai bimbingan mental rohani, ideologi dan kejuangan.

Bimbingan mental rohani dimaksudkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan prajurit, agar memiliki iman yang kuat, akhlak mulia dan bernilai ibadah.

Sementara bimbingan mental ideologi untuk meningkatkan jiwa nasionalisme prajurit agar memiliki disiplin tinggi, kesetiaan yang tulus dan solidaritas kuat.

Sedangkan bimbingan mental kejuangan dimaksudkan untuk meningkatkan militansi prajurit, sehingga memiliki sifat keperwiraan dan semangat pantang menyerah dalam melaksanakan setiap tugas.

Hal ini karena pelanggaran yang terjadi di lingkungan prajurit TNI Angkatan Darat antara lain disebabkan iman dan takwa tidak kuat, serta nilai nasionalisme menurun, serta militansi melemah, keteladanan pimpinan kurang dan jiwa korsa dangkal.

Oleh karena itu, melalui pekan bimbingan mental terpadu ini diharapkan mampu memantabkan mental prajurit guna mencegah terjadinya pelanggaran dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

Ceramah bimbingan mental yang mengangkat tema melalui penyuluhan Bintal kita tingkatkan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Sriwijaya.

Kegiatan tersebut antara lain diikuti Kabintaldam II/Sriwijaya Kolonel Inf Haris Sufi Anwari, para prajurit dan PNS Kodam II serta ibu-ibu Persit KCK PD di wilayah garnizun Palembang.