Penyewaan "game Online" merambah mal di Palembang

id usaha penyewaan game online, play station, penyewaan alat game, permainan, komputer

Penyewaan "game Online" merambah mal di Palembang

Ilustrasi - Computer and Gadget Exhibition. (FOTO ANTARA)

...Beberapa tempat penyewaan permainan itu seperti di mal Palembang Trade Center (PTC), Minggu, tampak dipadati remaja dan anak-anak...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Usaha penyewaan "game online" yang sebelumnya berkembang di kawasan permukiman penduduk Palembang, Sumatera Selatan, kini merambah ke sejumlah mal di kota yang dikenal dengan ikon jembatan Ampera itu.

Beberapa tempat penyewaan permainan itu seperti di mal Palembang Trade Center (PTC), Minggu, tampak dipadati remaja dan anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang sengaja memanfaatkan waktu liburan bermain di mal atau mengikuti orang tuanya berbelanja sejumlah kebutuhan rumah tangga.

Bahkan tidak sedikit para suami menemani anak-anaknya bermain "game online" sambil menunggu istrinya yang berbelanja keperluan pribadi, perabotan rumah tangga, dan bahan makanan.

Para penggemar permainan itu tampak rela antrean menunggu tempat kosong untuk menikmati berbagai permaian yang ditawarkan oleh pengelola usaha penyewaan "game online" seperti permainan perang-perangan, ketangkasan dan permain pertandingan sepak bola yang sedang digemari masyarakat akhir-akhir ini.

Salah seorang remaja penggemar permainan itu Rio mengatakan, setiap akhir pekan dia bersama teman-temannya mengisi liburan dengan bermain "game online" di mal PTC, karena lokasi bermain di sini cukup nyaman, dan layar televisi jenis led dengan ukuran cukup besar 32 inchi.

Permainan tersebut sebenarnya ada di rumahnya, namun bermain bersama-sama teman di mal ini lebih seru dibandingkan bermain sendirian, katanya.

Salah seorang operator "game online" dan "play station" di mal Wawan mengatakan, peminat permainan tersebut cukup banyak terutama pada akhir pekan Sabtu dan Minggu, hampir tidak ada tempat kosong sejak mulai buka pada pukul 10.00 WIB hingga menjelang tutup mal pukul 21.00 WIB.

Untuk menggunakan permainan itu, dikenakan biaya sewa Rp10.000 per jam pada setiap hari Senin hingga Jumat, sedangkan pada hari libur atau akhir pekan seperti sekarang ini dikenakan biaya sewa Rp15.000 per jam.

Penetapan tarif pada hari libur atau akhir pekan sedikit lebih tinggi dibandingkan pada hari biasa, dilakukan untuk menghindari membludaknya pemain dan mengatur pemain tetap banyak pada hari biasa dengan menetapkan tarif yang lebih rendah.

Selain itu diberlakukan sistem bonus bagi pelanggan yang bermain dua jam sekaligus berupa tambahan waktu bermain setengah jam, sedangkan pelanggan yang sering bermain dan telah mengumpulkan kupon bermain di tempat ini selama delapan jam diberikan gratis bermain selama satu jam, kata operator itu.