PDAM OKU hentikan sementara distribusi air

id pdam, pdam oku hentikan sementara suplai air

PDAM OKU hentikan sementara distribusi air

Boster PDAM OKU (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menghentikan suplai air ke pelanggan di daerah itu selama empat hari, karena akan memasang fasilitas meteran di instalasi pengolahan air Tanjung Baru.

"Pelanggan diimbau agar menyediakan stok dan menghemat pemakaian air bersih selama pembangunan dan pemasangan meteran baru," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ogan Komering Ulu (OKU) Jufri Oesman melalui Kabag Teknik Asril di Baturaja, Jumat.

Dikatakannya, pemasangan meteran air (Water Meter) di instalasi pengolahan air (IPA) Tanjung Baru itu, rencananya dilakukan selama empat hari mulai 13-16 Mei 2014.

Dijelaskannya, selama proses pemasangan meteran, pasokan air bersih ke rumah pelanggan dipastikan akan terganggu dan diharapkan masyarakat khususnya di wilayah perbaikan agar menghemat pemakaian air supaya tidak kekurangan.

"Mulai sekarang diharapkan pelanggan menyimpan air untuk persedian selama proses pemasangan meteran baru," ujarnya.

Dikemukakannya, jumlah yang akan dipasang sebanyak tiga unit dari total sembilan meteran air akan dikerjakan tersebut, yakni merupakan program bantuan dari dana APBN 2014 ke PDAM OKU.

"Kesembilan unit meteran air siap dipasang di setiap unit PDAM dari ibukota Kecamatan (IKK)," katanya.

Selain itu lanjut dia, PDAM OKU juga mendapat pompa kapasitas 50 liter oer detik sehingga bantuan yang didapat pada tahun ini mencapai sekitar Rp1 miliar.

"Minggu depan rencananya pemasangan meteran air baru dimulai dari Unit Tanjung Baru dilanjutkan di Unit Bakung, kemudian Unit Tanjung Agung," ujar Asril.

Dijelaskannya, fasilitas akan dipasang itu berfungsi untuk mengatur debit air bersih dikeluarkan PDAM kepada pelanggan, karena selama ini petugas hanya melakukan hitungan secara manual dengan rumusan yang ada.

Untuk pemasangan di unit Tanjung Baru terbilang cukup banyak, yakni memasang tiga unit meteran untuk tiga pipa distribusi.

Namun ketiga meteran ersebut memiliki diameter yang berbeda.

"Satu unit diameternya 150 melimeter (mm), sementara dua unit lainnya 200 mm," ungkapnya.