Kanwil Kemenag ingatkan calon haji waspada virus MERS

id haji, virus mers, kanwil kemenag sumsel

Kanwil Kemenag ingatkan calon haji waspada virus MERS

Jamaah haji (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Sumatera Selatan Hambali mengingatkan kepada seluruh jamaah calon haji dan umroh untuk selalu waspada akan virus Middle East Respiratory Syndrome yang sedang berjangkit di Arab Saudi supaya tidak tertular.

Secara khusus pihaknya belum mendapat surat resmi akan virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) tersebut, tetapi jamaah harus selalu waspada, kata Hambali kepada wartawan di Palembang, Selasa.

Dikemukakannya, Kementerian Agama pusat belum memberikan surat peringatan dan petunjuk akan virus tersebut, tetapi kewaspadaan harus selalu ada bagi para jamaah.

Begitu juga badan kesehatan dunia belum memberikan petunjuk status virus tersebut, sehingga belum bisa dikatakan penyakit luar biasa.

Namun, kehati-hatian harus selalu ada karena itu sebagai modal dalam menunaikan rukun Islam ke lima.

Gunakanlah masker bila berada di Arab Saudi untuk menghindari berbagai penyakit termasuk virus baru diketahui tersebut.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga mengibau kepada para jamaah untuk selalu menjaga kondisi fisik dan banyak istirahat saat berada di Arab Saudi.

Selain itu juga diminta masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dan ikuti petunjuk pembimbing terutama dokter pendamping.

Hal itu supaya dalam menunaikan rukun Islam dan beribadah di tanah suci semakin khusuk sekaligus menjadi haji mabrur.

Sebagaimana sekarang ini ada informasi di Arab Saudi menyebar virus baru sehingga itu perlu diantisipasi bersama terutama jamaah calon haji dan umroh.