Ibu Negara kagumi songket Palembang

id songkoet, kain songket khas palembang

Ibu Negara kagumi songket Palembang

Pengrajin kain songket khas Palembang Tria Gunawan ketika mengikuti pameran di Jakarta, 23-27 April lalu (Foto: antarasumsel.com/14/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ibu negara Ani Yudhoyono mengagumi songket inovasi perancang dan juga perajin kain khas Palembang Tria Gunawan pada pameran Inacraft di Jakarta, 23-27 April 2014.

"Ibu Ani, selama ini telah berkali-kali membeli songket yang diproduksi rumah busana Tria Gunawan," kata pemilik yang juga perancang Alwantriati Tundrarizmi atau sapaan akrabnya Tria, di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, ketika mengikuti pameran Inacraft stannya didatangi Bapak Presiden dan Ibu Ani serta Wakil Presiden Budiono dan istri.

Selain itu, ikut juga Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dan rombongan pejabat negara ke stan Kementerian Perdagangan yang menjadi lokasi pameran produk karyanya tersebut.

Menurut Tria, dalam kesempatan itu, Ibu Ani sempat mengingat dirinya yang pernah meraih penghargaan Upakarti tersebut.

Selain itu, ibu negara ternyata masih mengingat ciri khas kreasi songket yang dihasilkan yaitu kental dengan warna tembaga, tambahnya.

Ia mengatakan, tak ketinggalan langsung menunjukan selendang yang dipakainya sebagai inovasi terbaru karya songket dikombinasikan dengan jumputan.

Kreasi terbaru tersebut menggunakan pewarnaan motif semprot dengan khas warga tembaga, katanya.

Sebelum meninggalkan stan, Bapak Presiden juga memberikan nasehat untuk terus berkarya dengan inovasi kreatif.

Tentunya, kehadiran orang nomor satu di Indonesia dan rombongan pejabat negara serta ibu menjadi kebanggaan dan menambah motivasi untuk terus berkarya menghasilkan produk tekstil Palembang dan menjaga kelestarian warisan budaya Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam, ujar Tria.