Bank Mandiri targetkan kredit UKM Rp5,5 triliun

id bank, bank mandiri targetkan ukm Rp5,5 triliun

Bank Mandiri targetkan kredit UKM Rp5,5 triliun

Bank Mandiri Cabang Palembang kerja sama Alfamart untuk meningkatkan penyaluran kredit usaha kecil menengah di daerah itu (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bank Mandiri Cabang Palembang, Sumatera Selatan, pada tahun ini menargetkan penyaluran kredit usaha kecil dan menengah sebesar Rp5,5 triliun.

"Target kredit usaha kecil dan menengah (UKM) tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya, sebesar Rp3,8 triliun," kata Klaster Manager Bank Mandiri Apriyadi di Palembang, Minggu.

Menurut dia, pihaknya optimistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan karena jumlah nasabah yang melakukan pinjaman modal usaha kecil dan menengah di Bank Mandiri saat ini terus meningkat.

Ia menyebutkan sejumlah nama daerah terbesar penyerapan kredit mikro di Sumsel, yaitu Baturaja, Betung, Sungai Lilin, dan Lubuklinggau. Sebagian besar wilayah tersebut merupakan penghasil karet dan kelapa sawit.

Sementara itu, untuk Palembang, kata dia, penyerapan kredit cenderung sedikit karena sejumlah bank swasta di kota itu turut bermain kredit mikro sehingga jumlah nasabah harus terbagi.

"Namun, kami terus berupaya untuk meningkatkan angka penyaluran kredit dengan menggandeng perusahaan yang mempunyai binaan, seperti Alfamart Palembang, agar target tersebut dapat dicapai," katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan retail Alfamart di wilayah itu yang telah membina beberapa usaha kecil dan menengah milik keluarga berbentuk warung, kedai, kios, toko kecil, atau restoran sederhana.

Binaan Alfamart tersebut, lanjut dia, diberikan kartu member oleh perusahaan retail yang mempermudah proses pengajuan pinjaman modal di Bank Mandiri dengan plafon kredit hingga Rp100 juta hanya dikenai bunga relatif rendah.

Adapun syarat pinjaman tersebut, antara lain melampirkan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), tidak ada masalah tunggakan kredit apa pun di perusahaan lain, dan surat keterangan menyatakan tempat usaha yang dimiliki sudah berdiri minimal dua tahun.

Ia mengatakan bahwa pemegang kartu member juga harus memiliki buku tabungan Bank Mandiri karena pencairan pinjaman langsung ditransfer ke rekening tabungan yang prosesnya paling lama tiga hari jika persyaratan lengkap.