25.854 siswa SMP siap ikuti ujian nasional

id diknas palembang, puluhan ribu siswa smp siap ikuti un

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 25.854 orang siswa/siswi sekolah menengah pertama dan sederajat di Kota Palembang siap mengikuti ujian nasional yang diselenggarakan 5-7 Mei 2014

"Kami telah memantau kesiapan siswa/siswi di sekolah menghadapi ujian nasional yang dilaksanakan secara serentak tersebut dan optimistis semua mampu mengikuti salah satu persyaratan kelulusan tingkat SMP itu," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Palembang Julinto, Jumat.

Menurut dia, upaya meningkatkan kualitas kelulusan ujian nasional pelajar di kota pempek terus dilakukan dengan mengajak guru dan siswa/siswi meningkatkan intensitas belajar dan mengajar.

Sejak mendekati ujian nasional siswa dan siswi se-Kota Palembang kerap mengikuti uji coba secara bersama-sama yang diselenggarakan sejumlah lembaga pendidikan.

Ia mengatakan, dari 25.854 orang peserta ujian nasional tersebut sebanyak 24.047 siswa SMP negeri dan swasta sedangkan MTs dan sederajat mencapai 1.596 orang.

Sedangkan peserta ujian nasional paket B sebanyak 211 orang yang akan mengikuti syarat mendapatkan ijasah setingkat SMP, katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya membagi 23 sub rayon untuk SMP negeri dan swasta di daerah tersebut yang mencapai 167 unit sekolah.

Sementara MTs negeri dan swasta dibagi menjadi dua sub rayon dengan jumlah MTs 23 sekolah yang tersebar di 16 kecamatan di kota pempek.

Julinto menambahkan, sampai kini pihaknya terus mendorong persiapan ujian nasional tingkat SMP berjalan optimal dan nilai ujian juga mencapai angka tertinggi.

Hasil UN dengan nilai tinggi tentunya akan membuktikan kualitas pendidikan di kota yang dibelah Sungai Musi tersebut. "Terbaik bukan hanya tingkat provinsi, tetapi juga nasional," katanya.