Dinas Perkebunan Muba edukasi petani karet

id dinas perkebunan, bimbingan teknis, bimtek, edukais petani, penyakit keriang alur sadap

Dinas Perkebunan Muba edukasi petani karet

Ilustrasi - Penyadapan di kebun karet. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Petani karet di kabupaten ini mengelola kebun dengan cara tradisional dan turun-temurun, untuk meningkatkan kemampuan mereka secara bertahap diberikan bimbingan teknis...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus mengedukasi petani karet dengan memberikan bimbingan teknis mengelola kebun dengan cara yang benar dan produksi yang tinggi.

"Petani karet di kabupaten ini mengelola kebun dengan cara tradisional dan turun-temurun, untuk meningkatkan kemampuan mereka secara bertahap diberikan bimbingan teknis," kata Kepala Dinas Perkebunan Musi Banyuasin Ahmad Thamrin di Sekayu, Jumat.

Dia menjelaskan, dalam pengelolaan kebun karet secara tradisional selama ini, petani karet sering menghadapi masalah penyakit Kering Alur Sadap (KAS) pada pohon sehingga mengakibatkan produksi karet kebun mereka mengalami penurunan.

Untuk membantu petani mengatasi masalah penyakit KAS dan menunjang peningkatan produksi perkebunan tanaman karet, pada 2014 ini kembali diagendakan beberapa kegiatan bimbingan teknis kepada petani dan masyarakat yang mengembangkan perkebunan karet rakyat.

Bimbingan teknis tersebut pada April ini kembali digelar untuk 64 perwakilan kelompok tani dan masyarakat dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Sekayu, Plakat Tinggi, dan Kecamatan Sungai Lilin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua sesi yakni sesi pertama pada 21-22 April dan sesi kedua pada 28-29 April 2014, katanya.

Menurut dia, dalam bimbingan teknis tersebut, perwakilan kelompok tani diberikan penjelasan dan simulasi mengenai cara mengendalikan penyakit KAS pada tanaman karet.

Perwakilan kelompok tani yang mendapatkan bimbingan teknis itu, diharapkan dapat meningkat wawasannya serta bisa mengaplikasikan ilmu dan pelajaran baru mengenai pengelolaan perkebunan karet bersama-sama anggota kelompoknya dan masyarakat sekitarnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan petani di Kabupaten Muba dapat mengelola kebunnya dengan baik dan mampu mengatasi penyakit KAS sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas karet yang dihasilkan dari kebun mereka, kata Thamrin.