Pemprov siapkan lokasi parkir di kawasan macet

id jalan, parkir, macet, lahan parkir, jalan indralaya

Pemprov siapkan lokasi parkir di kawasan macet

Ilustrasi - Lahan parkir (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan lokasi parkir sementara di jalur kawasan rawan macet arus lalu lintas kendaraan seperti Palembang menuju Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel Syamsul Bahri kepada wartawan di Palembang, Kamis mengatakan, jalur rawan macet seperti kawasan Palembang menuju Indralaya harus dibuat tempat pemberhentian sementara, karena bila ada kendaraan macet akan dialihakan ke sana.

Lebih lanjut dia mengatakan, di tempat pemberhetian sementara itu akan disiagakan mobil derek yang setiap saat siap mengalihkan kendaraan bila mengalami mogok.

Selain itu jalan Palembang Indralaya tersebut juga akan dibuat bahu kiri dan kanan selebar dua meter, sehingga bila ada mobil yang mogok jalur itu dapat dilalui.

Ini salah satu upaya dalam mengatasi kemacetan arus lalu lintas kendaraan yang sering terjadi di jalan Palembang Indralaya tersebut, katanya.

Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel Rizal Abdullah mengatakan, untuk tahap pertama ini sudah ada tiga titik tempat pemberhentian sementara di jalur Palembang-Indralaya.

Menurut dia, nantinya tempat parkir tersebut akan ditambah termasuk disediakan di sekitar Kota Palembang.

Tempat pemberhentian sementara itu hanya akan digunakan bagi mobil yang mengalami kerusakan, sehingga jalur yang ada tidak lagi mengalami gangguan dan kemacetan.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Musni Wijaya mengatakan, memang selama ini bila terjadi mobil rusak jalur Unsri tersebut akan mengalami kemacetan panjang hingga puluhan kilometer.

Jadi tempat parkir sementara tersebut sebagai upaya dalam mengatasi kemacetan, kata dia.

Namun, dalam mengantisipasi bila ada mobil mogok pihaknya akan menyiagakan mobil derek di sekitar jalur tersebut.

Mobil pengangkut kendaraan tersebut akan mengalihkan sarana angkutan itu bila mengalami mogok ke tempat parkir sementara, tambah dia.