Kreasi mahar uang diminati calon pengantin

id mahar, mahar uang diminati calon pengantin

Kreasi mahar uang diminati calon pengantin

Mahar uang disenangi calon pengantin di Palembang (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kreasi mahar dari uang saat ini tengah diminati oleh pasangan calon pengantin yang akan menikah, tidak hanya karena bentuknya cantik dan beranekaragam, tetapi juga nilai historisnya akan mengingatkan pasangan tentang hari pernikahannya.
    
Mahar uang sendiri adalah emas kawin dalam bentuk nominal uang.  Jumlah nominal mahar umumnya disesuaikan dengan tanggal pernikahan, kata Wulan, pegawai Syahenna vendor pembuatan mahar kreasi yang cukup dikenal di Palembang, Kamis.
    
Menurut Wulan, biasanya mahar dalam bentuk uang tersebut seperti menikah tanggal 9 Agustus 2014, maka nominalnya jadi Rp90.814, demikian seterusnya.

Dari jumlah nominal itu, maka akan dicari jumlah pecahan uang kertas maupun koin yang sesuai dengan angka tersebut.

Namun terkadang jumlah nominal mahar uang tidak terpaku pada nominal berdasarkan tanggal bahkan bisa lebih dari itu.

"Biasanya karena mahar uang hanya jadi hiasan peramai, jadi tidak terpaku dari nominal tanggal," ujarnya.

Sementara untuk bentuk dan warna, menurut dia, kreasi mahar uang sendiri dibuat berdasarkan kesepakatan pembuat dengan calon pengantin yang akan memilikinya.

"Biasanya pasangan sudah punya rancangan dan desain yang diinginkan saat akan dibuatkan," kata dia.

Pilihan bentuk mahar pun dibagi beberapa macam, pembagian pertama berdasarkan dimensi, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi.

Untuk mahar uang dua dimensi umumnya desain yang banyak diminati adalah karangan bunga dan bentuk-bentuk lucu sesuai dengan kepribadian pasangan.

"Bisa bentuk ikan lengkap dengan isi akuarium, inisial nama pasangan bahkan kolase uang logam berbentuk wajah pasangan," katanya.

Sementara, untuk kreasi dua dimensi ini Syahenna mematok harga mulai dari Rp500 ribu hingga Rp3 juta tergantung pada ukuran dan tingkat kesulitan mendekorasinya.

Selanjutnya, untuk kreasi tiga dimensi  dibuat dengan banyak pilihan desain seperti karangan bunga timbul, masjid dan lainnya sesuai keinginan pasangan.

Untuk kreasi empat dimensi dibuat seperti sepasang boneka barbie yang berpakaian uang pecahan mahar,  atau bentuk masjid berkubah banyak diminati pasangan.

Bentuk mahar empat dimensi yang seperti miniatur ini umumnya dibandrol mulai harga R 850 ribu hingga jutaan rupiah juga tergantung pada bahan dan tingkat kesulitan.

Lama pembuatan mahar uang ini umumnya berkisar antara dua hingga tujuh hari tergantug pula dari tingkat kesulitannya.

"Kreasi  dua  dimensi paling sulit itu yang uang logam berbentuk wajah pasangan," katanya sambil menunjukkan mahar logam berukuran 2 x 1 meter di belakangnya.