Calon pejabat Sumsel harus ikuti uji kelayakan

id gubernur sumsel, alex noerdin, pejabat, uji kelayakan dan kepatutan

Calon pejabat Sumsel harus ikuti uji kelayakan

Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, setiap calon pejabat dijajaran Pemerintah Provinsi setempat harus lebih dulu mengikuti uji kelayakan dan kepatutan sebelum menempati posisi jabatan yang disediakan.

Uji kelayakan dan kepatutan itu di antaranya mengenai pembuatan administrasi yang baik dan benar serta kemampuan dasar lainnya, kata gubernur usai melantik ratusan pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Kamis.

Pejabat yang dilantik antara lain Amruzi Minha sebagai Sekretaris Badan Ketahanan Pangan serta pejabat eselon III dan IV lainnya.    
   Dia mengatakan, bila calon pejabat tersebut tidak memenuhi kreteria dalam tes maka tidak akan mendapat posisi jabatan.

"Pentingnya uji kelayakan tersebut karena tantangan tugas dimasa mendatang akan semakin berat," kata dia.

Oleh karena itu sumber daya manusia yang akan mengisi jabatan di lingkungan Pemprov Sumsel harus bernar-benar berkualitas.

Apalagi Sumsel sekarang ini banyak yang lebih unggul dari daerah lain sehingga sumber daya dalam pemerintahan harus profesional.

Sehubungan dengan itu pihaknya minta seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dalam jajarannya untuk meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti berbagai pelatihan.

Latihan harus diutamakan sehingga pelayanan kepada masyarakat di Pemprov Sumsel akan semakin baik, katanya.

Memang, ujar dia, jabatan merupakan amanah tapi yang ada sekarang ini sudah memiliki kelayakan, sehingga ke depan harus ditingkatkan lagi kualitas sumber daya manusiannya.