Gubernur: Sistem pengerukan Sungai Musi diperbaiki

id sungai musi, gubernur sumsel, alex noerdin, sungai, pengerukan

Gubernur: Sistem pengerukan Sungai Musi diperbaiki

Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera Palembang (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

....Itu rencana yang akan dilaksanakan sehingga keberadaan sungai tersebut tidak mengalami pendangakalan lagi....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan, pihaknya merencanakan memperbaiki sistem pengerukan alur Sungai Musi yang telah dilaksanakan selama ini agar semakin bagus.

Selama ini setelah pengerukan lumpur di sungai yang membela Kota Palembang itu bila air pasang kembali mendangkal sehingga perlu memperbaiki sistem, kata Alex kepada wartawan di Palembang, Rabu.

Menurut dia, jika pendangkalan sungai tersebut terus terjadi berarti sistemnya perlu diperbaiki kembali sehingga arus sungai yang sudah menjadi salah satu bagi dari kehidupan masyarakat tersebut akan semakin lancar.

"Itu rencana yang akan dilaksanakan sehingga keberadaan sungai tersebut tidak mengalami pendangakalan lagi", ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang pengerukan yang dilaksanakan selama ini perlu didorong bersama baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Yang jelas, dia selaku kepala daerah tetap mendorong pengerukan alur yang telah dilaksanakan selama ini sehingga arus sungai Musi tersebut dapat memperlancar transportasi.

Sebab sungai tersebut sudah menjadi kebutuhan bersama termasuk di bidang perekonomian masyarakat, kata dia, selama ini pengerukan Sungai Musi menggunakan dana APBN bukan pemerintah daerah.

Selain itu sungai tersebut menjadi pusat transportasi air bagi masyarakat sehingga keberadaannya harus selalu terjaga dengan baik.

Namun, ia minta agar kelestarian sungai tersebut harus dijaga bersama termasuk seluruh lapisan masyarakat terutama di bantaran Sungai Musi.