KPU Palembang selesaikan rekap suara Pemilu

id kpu palembang, selesai rekap suara pemilu

KPU Palembang selesaikan rekap suara Pemilu

Abdul Karim (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - KPU Kota Palembang akhirnya bisa menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kota setelah sempat molor dari jadwal yang telah ditetapkan.

"Pada hari ini rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kota sudah selesai dan rapat pleno kita tutup," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Abdul Karim Nasution, Kamis.

Menurut dia, untuk rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara anggota DPR, DPD, DPRD provinsi akan disampaikan ke KPU Sumsel.

Sementara mengenai angka partisipasi pemilih pada Pemilu 9 April lalu, ia mengatakan, sekitar 67 persen sedangkan target 80 persen.

"Saya belum bisa memberikan jawaban pasti mengapa angka partisipasi pemilih tidak mencapai target," ujarnya.

Mengenai perbandingan Pemilu 2009 dengan Pemilu 2014 ini, ia menuturkan, perbandingannya ada plus dan minusnya, kalau untuk logistik tidak jauh berbeda ada yang salah daerah pemilihan dan pengisian.

Kemudian kalau daftar pemilih tetap (DPT) mungkin segi aturan semakin sempurna dan yang menjadi kendala sosialisasi ke bawah, paparnya.

Berdasarkan pantauan setelah selesai melakukan rekapitulasi suara, KPU Kota Palembang langsung menyerahkan kotak suara berisi rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara anggota DPR, DPD, DPRD provinsi ke KPU Sumsel.

Data yang dihimpun dari saksi partai politik di KPU Kota Palembang perolehan sementara kursi di DPRD Kota Palembang untuk PDI Perjuangan sembilan kursi, Partai Demokrat tujuh kursi, Partai Golkar enam kursi, Partai Nasdem lima kursi, Gerindra lima kursi.

Kemudian PKB lima kursi, Hanura tiga kursi, PAN tiga kursi, PKS tiga kursi dan PBB dan PPP masing-masing dua kursi, sementara PKPI belum mendapat kursi pada Pemilu 9 April lalu.