Wow, Caleg sudah meninggal masih dipilih rakyat

id gerindra, caleg meninggal masih dipilih rakyat

Wow, Caleg sudah meninggal masih dipilih rakyat

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - H Nuriswanto, calon anggota legislatif dari Partai Gerindra untuk DPR RI yang meninggal dunia sejak beberapa bulan lalu, meraih suara tertinggi yakni 403 suara di Kecamatan Lubukraja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Bahkan, untuk seluruh Kabupaten Ogan Komering Ulu, Nuriswanto yang bernomor urut satu itu mengumpulkan 2.700 suara atau di posisi kedua setelah caleg nomor urut sembilan Sri Meliyana yang meraih 5.571 suara.

"Hasil itu sungguh mengejutkan, karena yang bersangkutan sudah meninggal dunia," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Ogan Komering Ulu Naning Wijaya di Baturaja, Kamis.

Ny Yani, pedagang sayur di Pasar Atas Baturaja yang mengaku memilih Nuriswanto, menyatakan tidak kenal dengan caleg partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu.

"Saya tidak kenal, hanya melihat posternya yang besar di pasar, jadi saya coblos saja," katanya/

Sementara itu, calon anggota DPD RI Hj Percha Leanpuri meraih suara tertinggi di Kabupaten OKU yakni 50.787 suara.

"Percha memang memperoleh suara tertinggi dibandingkan calon anggota DPD RI lainnya," kata Naning.

Sejumlah pemilih mengaku memilih putri sulung Bupati Ogan Komering Ulu Timur H Herman Deru itu karena namanya lebih populer dibandingkan calon lainnya.

Berdasarkan total suara sementara partai dan caleg di Ogan Komering Ulu, Partai Golkar meraih 33.040 suara dan diperkirakan akan mendapat enam kursi DPRD.

Partai Demokrat memperoleh 19.904 suara (empat kursi), PDIP 19.380 suara (empat kursi), PAN 17.089 suara (tiga kursi), PBB 16.197 suara (dua kursi), PKB 15.826 suara (tiga kursi), PPP 14.656 suara (dua kursi), Partai Nasdem 14.387 suara (tiga kursi) dan PKS 14.085 suara (empat kursi).

Selanjutnya Partai Hanura memperoleh 11.741 suara (dua kursi), Partai Gerindra 9.797 suara (satu kursi), dan PKPI 8.055 suara (satu kursi).