Sembilan caleg DPR Dapil Lampung I ke Senayan

id caleg dpr, dpr, senayan, caleg lampung, lolos dpr ri

Sembilan caleg DPR Dapil Lampung I ke Senayan

Pemilu 2014 (Antarasumsel.com)

...Sembilan nama tersebut akan didominasi oleh dua caleg PDI Perjuangan, dan satu caleg diprediksi maju ke Senayan untuk masing-masing partai lainnya tersebut...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel) - Sebanyak sembilan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Daerah Pemilihan Lampung I diprediksi melaju ke Senayan.
       
Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Rabu (23/4) malam, sembilan nama caleg DPR Dapil Lampung I itu berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), PDI Perjuangan, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat serta Partai Golongan Karya (Golkar).
       
Sembilan nama tersebut akan didominasi oleh dua caleg PDI Perjuangan, dan satu caleg diprediksi maju ke Senayan untuk masing-masing partai lainnya tersebut.
       
Ketua KPU Lampung, Dr Nanang Trenggono MSi menyebutkan, hasil rekapitulasi suara ini belum disepakati karena masih menunggu rekapitulasi dari seluruh kabupaten/kota yang termasuk dalam Dapil Lampung I dan Lampung II.
       
"Masih belum selesai perhitungannya, jadi untuk kepastiannya kita tunggu hingga pembacaan sanggahan dari masing-masing saksi partai politik," kata dia lagi.
       
Ia juga membenarkan, memang seluruh perolehan suara Dapil Lampung I untuk DPR RI sudah ada.

Namun, Nanang menjelaskan, masih ada beberapa keberatan yang diajukan sehingga perlu adanya pembahasan usai seluruh hasil rekapitulasi dibacakan.
       
"Besok (Kamis,24/4) kami lanjutkan kembali, baru setelah itu mengenai keberatan akan dibahas, dan sebisa mungkin dapat diselesaikan di sini sehingga hasil rekapitulasi di tingkat KPU Lampung dapat dibawa ke KPU Pusat tanpa ada masalah lagi," kata dia.
       
Pihaknya akan berupaya untuk transparan dalam proses perhitungan suara, sehingga semua pihak dapat menerima hasilnya tanpa ada permasalahan di kemudian hari.
       
Berkaitan adanya dugaan pelanggaran dan kesalahan pada proses perhitungan suara, Nanang mengatakan akan ada rekomendasi dari Bawaslu atas hal tersebut.
       
Namun, apabila dipandang perlu semua permasalahan itu akan dibuka agar semua pihak dapat mengetahui secara jelas.
       
"Kami akan upayakan sebaik mungkin, bahkan untuk KPU Kabupaten Tulangbawang terlambat hadir saat pleno KPU Lampung, karena mesti melakukan perhitungan ulang di tingkat PPS dan PPK," ujarnya lagi.
       
Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Lampung untuk Dapil Lampung I, beberapa nama yang diprediksi akan menuju Senayan di antaranya:
1. Zulkifli Hasan PAN (174.144 suara)
2. Frans Agung Mula Putra Partai Hanura (81.058)
3. Isma Yatun PDI Perjuangan (65.731)
4. Sudin PDI Perjuangan (64.008)
5. Ahmad Muzani Partai Gerindra (48.379)
6. Almuzamil Yusuf PKS (43.974)
7. Musa Zainudin PKB (43.784)
8. Zulkifli Anwar Partai Demokrat (40.922)
9. dari Partai Golkar Reza Pahlevi memperoleh (34.272), sedangkan Dwie Aroem Hadiatie mendapatkan (32.809) masih belum dapat dipastikan, mengingat adanya protes terkait dugaan penggelembungan suara dari internal partai ini.