Wali kota rekomendasikan bursa kerja jaringan online

id wali romi, wali kota romi herton

Wali kota rekomendasikan bursa kerja jaringan online

Wali kota Romi Herton remomedasikan bersa kerja melalui media online (Foto: antarasumsel.com/14/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Romi Herton merekomendasikan bursa kerja melalui jaringan internet atau online guna memudahkan pencari lowongan pekerjaan memperoleh informasi, dan memasukkan aplikasi sesuai dengan minat dan keahlian.

"Media "online" sangat efektif untuk menginformasikan lowongan pekerjaan kepada pencari kerja di daerah itu, karena kini pengakses internet dan layanan "blackberry messenger" atau bbm semakin tinggi jumlahnya," katanya usai membuka bursa kerja di halaman Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, Rabu.

Menurut dia, mayoritas pengunjung pameran lowongan pekerjaan yang hadir tersebut mengetahui informasi pelaksanaan bursa kerja dari media online dan bbm, hal itu membuktikan kalau penggunaan jaringan internet semakin efektif.

Karena itu, pihaknya meminta dinas terkait untuk mengoptimalkan sosialisasi melalui jaringan internet yang mudah diakses masyarakat Kota Palembang.

Ia mengatakan, pelaksanaan bursa kerja juga akan ditingkatkan dari sebelumnya hanya setahun sekali, akan didorong lebih sering minimal empat kali selama tahun 2014.

Kegiatan tersebut juga ditargetkan dapat dilaksanakan bukan hanya di satu tempat, tetapi bergantian sampai ke tingkat kecamatan secara bergilir, sehingga bertahap pengurangan pengangguran terealisasi, katanya.

Dia menjelaskan, iklim investasi di Kota Palembang yang kini sangat bagus tentunya menjadi peluang untuk memperluas lapangan pekerjaan dengan prioritas tenaga kerja lokal Palembang.

Dengan target secara bertahap akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat kota yang dibelah Sungai Musi ini.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang Gunawan menambahkan sampai kini angka pencari kerja di daerah tersebut yang tercatat dalam kartu kuning mencapai 14.000 orang lebih.

Selama pelaksanaan bursa tenaga kerja 23-24 April sebanyak 38 perusahaan menyediakan 2.000 lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA dan MA, ujarnya.

Ia menambahkan, bursa kerja tersebut dilaksanakan untuk mengakomodir masyarakat Kota Palembang yang sampai kini belum mendapat pekerjaan, sehingga mampu mendorong pengurangan angka pengangguran.

Kegiatan itu, diikuti sebanyak 38 perusahaan yang bergerak diberbagai bidang, seperti perbankan, hotel dan asuransi, tambah dia.