Badan Keluarga Berencana gelar bimtek petugas penyuluh

id bimtek, bkbn gelar bimtek petugas penyuluh

Badan Keluarga Berencana gelar bimtek petugas penyuluh

Gelar bimtek tenaga penyuluh lapangan keluarga berencana di Baturaja, Rabu (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar bimbingan teknis peningkatan kualitas Petugas Penyuluh Keluarga Berencana di daerah itu.

Acara yang digelar di salah satu hotel di Baturaja, Rabu tersebut diikuti sebanyak 70 orang kader penyuluh antara lain petugas penyuluh keluarga berencana daerah (PPKBD) dan sub PPKBD sebanyak 56 orang dari 12 kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kepala BPKBD OKU, Husni Thamrin melalui sekretarisnya Zaharudin pada pembukaan acara tersebut mengatakan, kegiatan ini digelar guna mendukung gerakan keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera.

Kegiatan tersebut kata Zaharudin, salah satu aspek yang mendukung peningkatan jumlah peserta Keluarga Berencana (KB) maka diperlukan peran petugas lapangan yang handal.

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, sehingga bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat pentingnya program KB.

"Kegiatan ini untuk mengupayakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya pembinaan jaringan pelayanan gerakan keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera tingkat pedesaan dan kelurahan," jelas Zaharudin.

Sementara, Ketua Pelaksana yang juga Kabid Informasi Program Analisa Keluarga (Ikap) BKBPP OKU, Jhoni Herawan menjelaskan bahwa kegiatan ini mengambil tema "Melalui Bimtek bagi PPKBD dan sub PPKBD kita tingkatkan peran petugas lapagan KB dalam mendukung gerakan keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera".

"Ini merupakan kegiatan rutin kita yang digelar satu hari penuh dengan materi berupa pendataan keluarga, sistem pelaporan, tugas peran PPKBD dan sub PPKBD, Gerakan Keluarga Berencana Nasional dalam visi misi program KB Nasional," ujarnya.