Mahasiswa ajak masyarakat kembali baca buku

id demo, mahasiswa ajak masyarakat kembali baca buku

Mahasiswa ajak masyarakat kembali baca buku

Aksi demo mahaiswa ajak masyarakat kembali baca buku di Palembang, Rabu (Foto Antarasumsel.com/14/Feni Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Puluhan mahasiswa dari Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Budaya IAIN Raden Fattah Palembang mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi social media, dan kembali membaca buku pada aksi hari buku se-dunia di Palembang, Rabu.
   
Para mahasiswa ini memulai aksi dengan melakukan jalan kaki mulai dari kampus hijau IAIN Raden Fattah  dilanjutkan menuju sepanjang jalan Sudirman hingga simpang Mapolda.

Dalam orasinya para mahasiswa mengaku pecinta buku dan bacaan ini mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi baca demi hidup yang lebih baik.

Selain melakukan orasi, para mahasiswa tersebut juga menggelar aneka poster unik bertuliskan ajakan membaca.

Tidak hanya itu, mereka juga membagikan pembatas buku buatan tangan yang bertuliskan kutipan ternama dan motivasi membaca.

"Begitu belajar membaca engkau akan menjadi bebas untuk selamanya" demikian salah satu tulisan kutipan di pembatas buku itu.

Koordinator aksi Ade Ahmad Saputra menjelaskan aksi mereka demi menyambut hari buku se-dunia itu merupakan bentuk kepedulian akan fenomena semakin minimnya orang membaca buku.

"Kebanyakan orang sekarang main facebook bisa berjam-jam, tetapi membaca buku semenit sudah sakit kepala," ungkap dia.

Lewat aksi itu ia dan rekan lainnya ingin mengembalikan era buku dulu dimana  menulis dan membaca menjadi budaya.