Jakarta - Lampung jalin kerja sama pengiriman komoditas peternakan

id kerja sama pengiriman komoditas pertanian,peternakan, sapi, lampung

Jakarta  - Lampung jalin kerja sama pengiriman komoditas peternakan

Ilustrasi - Pedagang sapi di Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Salah satunya pengiriman sapi potong yang idealnya masuk ke Jakarta sudah dalam bentuk daging siap dimasak dan konsumsi...
Kalianda (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  dan Lampung akan segera menjalin kerja sama pengiriman 14 komoditas pertanian dan peternakan dari Lampung ke Jakarta.
        
"Saat ini masih dalam penjajakan dari 14 komoditas itu mana yang bisa dikerjasamakan, salah satunya sapi potong," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, saat meninjau peternakan sapi PT Juang Jaya Abadi Alam di Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, Lampung, Rabu.
       
Ia menjelaskan, salah satunya pengiriman sapi potong yang idealnya masuk ke Jakarta sudah dalam bentuk daging siap dimasak dan konsumsi.
       
Saat ini,  DKI Jakarta sudah terlalu banyak lalu-lalang komoditas, tapi belum ada yang siap digunakan dan konsumsi.
         
Ia mencontohkan, jagung, saat ini masuk ke Jakarta dalam bentuk utuh sekalian kulitnya, kemudian di pasar baru di buang kulitnya.
     
"Dalam sehari sampah di Jakarta mencapai 6.000 ton, dari 2.000 pasar," kata dia.
       
Selain itu, komoditas kelapa dikirim dengan serabut dan batoknya. Ini menjadi masalah lagi bagi Jakarta. Begitu juga sapi yang seharusnya 10 truk, bisa jadi 1 truk dalam bentuk daging kemasan.
       
Oleh karena itu, rencananya dengan kerja sama ini, ternak dapat dipotong di Lampung kemudian dikirim ke Jakarta dalam bentuk daging.
       
"Kenapa tidak dibagi ke daerah penyangga dan dikirim ke Jakarta siap dimasak dan disajikan," kata capres dari PDI Perjuangan tersebut.
       
Ia juga mengatakan, saat ini di Jakarta masih ada orang menyembelih ayam dengan volume 650.000 ekor per hari.
        
"Kalau semua disembelih di Jakarta, bayangkan bulu dan limbahnya, tentu tidak efisien," kata dia.
        
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga mengunjungi sejumlah tempat untuk menindaklanjuti kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung.
         
Kunjungan tersebut antara lain ke peternakan sapi milik PT Juang Jaya Abadi Alam di Kecamatan Sidomulyo dan Terminal Agribisnis di Kecamatan Ketapang.
        
Selain itu, Jokowi menyempatkan bersilaturahim dengan tokoh adat, tokoh masyarakat di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.
       
Selain didampingi Bupati Lampung Selatan, Jokowi juga bersama Gubernur Lampung Sjachroedin ZP mengunjungi sejumlah tempat tersebut.