Sumsel akan bentuk panitia besar POM ASEAN

id pom asean, sumsel segera bentuk pb pom asean

Sumsel akan bentuk panitia besar POM ASEAN

Maskot POM ASEAN XVII 2014 Palembang - Bona (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan segera membentuk Panitia Besar Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN menyusul akan berakhirnya masa aktif jabatan panitia persiapan pada April 2014.

"Susunan kepengurusan Panitia Besar POM ASEAN sudah dirancang dan dalam waktu dekat akan dikeluarkan Surat Keputusan," ujar Sekretaris Panitia Persiapan POM ASEAN Taufik Arif di Palembang, Rabu.

Ia mengemukakan, kepanitiaan besar POM ASEAN di Palembang, 9-19 Desember 2014 ini, akan terdiri dari tiga unsur yakni Universitas Sriwijaya, Pemerintah Provinsi, dan KONI Sumsel.

"Pada prinsipnya, pelaksanaan POM ASEAN ini menjadi tugas Unsri sebagai institusi yang ditunjuk Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Diktikemdikbud). Namun, karena sifatnya membawa nama baik negara, maka pemerintah provinsi juga terlibat," katanya.

Sementara, peran KONI Sumsel sendiri diharapkan menjadi konsultan pelaksanaan mengingat telah berpengalaman dalam penyelenggaraan pertandingan SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013.

"Fokus ke depan, lebih kepada koordinasi berbagai instansi terkait dalam menyelenggarakan kegiatan karena mengenai arena sendiri sudah tidak ada masalah," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Sriwijaya Prof Badia Perizade optimistis pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN ke-17 akan berlangsung sukses dan meriah, karena Sumsel telah berpengalaman dalam penyelenggarakan perhelatan olahraga internasional.

"Saya optimistis POM ASEAN akan sukses seperti layaknya SEA Games tahun 2011 dan Islamic Solidarity Games 2012 karena Sumsel telah berpengalaman," katanya.

Ia mengemukakan, Sumsel telah dikenal sebagai provinsi unggulan di Indonesia karena memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring, seperti stadion akuatik, stadion sepak bola, stadion atletik, lapangan tenis, lapangan tembak, dan lapangan tenis,

Keunggulan ini pun telah diketahui oleh sebelas negara ASEAN sehingga menyambut gembira atas terpilihnya Kota Palembang sebagai pusat penyelenggaraan.

"Bukan bermaksud menyombongkan diri, SEA Games saja bisa sukses dalam keadaan diburu waktu. POM ASEAN pun akan demikian karena diberikan kesempatan hingga dua tahun untuk persiapan," ujarnya.

Pekan Olahraga mahasiswa negara-negara ASEAN ini berencana menggelar 17 cabang olahraga, renang, atletik, panahan, bola basket, bulu tangkis, catur, sepak bola, pencak silat, taekwondo, karate, wushu, sepak takraw, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, sepatu roda, dan futsal.

Sebanyak 12.000 orang atlet dan ofisial diperkirakan akan mengikuti ajang bergengsi antarmahasiswa Asia Tenggara ke-17 itu.

Meski perhelatan itu tidak seakbar SEA Games, namun jumlah peserta akan meningkat tiga kali lipat menyusul peran Sumsel sebagai tuan rumah tunggal ASEAN University Games.