PDIP pastikan tiga keterwakilan perempuan

id pdip, eddy santana putra

PDIP pastikan tiga keterwakilan perempuan

Eddy Santana Putra (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi/Aw)

....PDIP Sumsel optimistis akan terjadi penambahan kader perempuan yang menjadi anggota legislatif di tingkat kabupaten/kota....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan Eddy Santana Putra memastikan tiga keterwakilan perempuan di DPRD provinsi dari partai politik berlambang banteng moncong putih itu.

"Kami sudah mendapat kepastian dari 13 calon anggota legislatif terpilih tiga di antaranya perempuan," kata Eddy Santana di Palembang, Rabu.

Menurut dia, tiga calon wakil rakyat tersebut dari daerah pemilihan Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir dan Musirawas.

Sampai kini, pihaknya juga masih menunggu kepastian seorang caleg perempuan yang belum selesai penghitungan suara.

Ia mengatakan, pada periode 2009-2014 hanya seorang anggota legislatif perempuan duduk di DPRD Sumatera Selatan.

Periode lima tahun kedepan pihaknya optimistis minimal tiga keterwakilan perempuan, katanya.

Sementara untuk keterwakilan perempuan di 16 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan pihaknya belum bisa memastikan angka pasti.

Namun, optimistis akan terjadi penambahan kader perempuan yang menjadi anggota legislatif di tingkat kabupaten/kota.

Eddy menambahkan, di Sumatera Selatan PDI Perjuangan menguasai sejumlah kabupaten/kota selain Palembang, Prabumulih dan Muara Enim adalah Musibanyuasin dan Musi Rawas.

Meskipun telah dipetakan kabupaten/kota lainnya yang menjadi basis PDI Perjuangan, tidak sedikit pendukung fanatik di daerah lain, tambahnya.

Sementara Sumatera Selatan pada pemilu legislatif pemilihnya mencapai 5.774.173 orang dengan laki-laki 2.919.319 pemilih dan perempuan 2.854.854 orang. Pemilih mencoblos pada 17.906 TPS yang tersebar di kabupaten/kota.