BKKBN Sumsel gelar pemilihan "Duta Mahasiswa Genre 2014"

id BKKBN Sumsel, BKKBN Sumsel gelar pemilihan Duta Mahasiswa Genre 2014

BKKBN Sumsel gelar pemilihan "Duta Mahasiswa Genre 2014"

Salah seorang peserta Indah Dian Permata menjawab pertanyaan juri dalam pemilihan Duta GenRe 2014 di Palembang, 16 April lalu.(Foto Antarasumsel.com/14/Dolly Rosana)

"Pemilihan duta ini untuk kali kelima digelar di Sumsel dan nantinya pemenang akan mewakili daerah pada ajang tingkat nasional...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Selatan menggelar pemilihan duta Generasi Berencana "GenRe" tingkat daerah dengan diikuti puluhan orang mahasiswa perwakilan dari belasan perguruan tinggi di Palembang, 16 April 2014.
   
"Pemilihan duta ini untuk kali kelima digelar di Sumsel dan nantinya pemenang akan mewakili daerah pada ajang tingkat nasional," kata Kepala Bidang Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Sumsel Nyimas Zainab selaku ketua pelaksana kegiatan itu, Rabu.
   
Ia mengemukakan, BKKBN menggelar kegiatan itu dilatari permasalahan remaja yang demikian komplek saat ini diantaranya rentan terhadap perkawinan usia muda (dibawah 25 tahun), penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang, sex bebas, serta berujung pada terinfeksi HIV/AIDS.
   
"Para duta ini diharapkan menjadi figur motivator sekaligus ikon di kalangan mahasiswa karena dapat berperan layaknya teman di lingkungannya. Kondisi ini jelas berbeda jika dibandingkan harus berbagi cerita dengan orangtua," ujarnya.
   
Selain memberdayakan para duta "GenRe", BKKBN juga mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) yang menjadi sarana promosi program Keluarga Berencana di kalangan kampus seperti di Universitas Sriwijaya, Universitas Muhamadyah Palembang, dan Politeknik Sriwijaya.
   
Ia menambahkan, para mahasiswa peserta pemilihan duta GenRe itu merupakan wakil dari berbagai universitas (perguruan tinggi) negeri dan swasta se-Sumsel.
   
Penilaian akan dititikberatkan kepada pemahaman terhadap substansi materi program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), penampilan dalam menyajikan materi, pengetahuan umum, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, serta etika berprilaku.
   
Sementara Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Selatan Desliana mengharapkan para duta Generasi Berencana "GenRe" yang merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan ini mampu menjadi ujung tombak pencegahan pernikahan pada usia dini (dibawah 25 tahun).
   
"Jumlah pernikahan dikalangan remaja (15-20 tahun) demikian mengkhawatirkan saat ini, bahkan untuk beberapa daerah di Sumsel mencapai 30 persen. Diharapkan duta "GenRe" dapat memberikan pengertian kepada lingkungannya mengenai pentingnya merencanakan suatu keluarga agar menghasilkan anak dan keturunan lebih berkualitas," katanya.
   
Sementara itu, untuk menjadi Duta Mahasiswa GenRe 2014 ini, para peserta diharuskan menjalani proses seleksi dan karantina.
   
Adapun para pemenang yakni, untuk kelompok putra, Juara I diraih Ariadi (IAIN Raden Fatah), Juara II Bayu Saputra (Unsri), Juara III Dicky Tera Putra (Unsri), Juara Harapan I M Anggi Dwijaya (Stisipol), Juara Hararap II Mahir Pratama (IAIN Raden Fatah), Juara Harapan III Rahmat Andrian (Unsri), Juara Favorit Albizia P (Polsri), Juara Berbakat M Ronni Pahlevi, dan Putra Persahabatan Ade Novriansyah.
   
Sedangkan, kelompok putri, Juara I Indah Dian Permata (IAIN Raden Fatah), Juara II Puti Tahira Amalia (Polsri), Juara III Cindy Nathania (Unsri), Juara Harapan I Fitri Lestari (Unsri), Juara Harapan II Oktarina Chandra (Unsri), Juara Harapan III Tiara Putri, Juara Favorit Nadhifah Anggraini (Unsri), Juara Fotogenik Ulfah Saraswati (Stikes Muhammadiyah), Juara Berbakat Maya Puspita Sari (Polsri), dan Putri Persahabatan Ninin Febriyanti (Unsri).(adv)
.