Pemkot Palembang programkan bedah rumah

id bedah rumah, pempot programkan bedah rumah

Pemkot Palembang programkan bedah rumah

Ilustrasi - Program bedah rumah (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang programkan  bedah 1.000 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah di daerah itu ang dialokasikan APBD setempat baru akan ditenderkan.

"Tender proyek bedah rumah tersebut akan segera dilaksanakan setelah verifikasi ulang data selesai," kata Kepala Bidang Perumahan Bidang Bangunan Dinas PU Cipta Karya Albert Midianto, Selasa.

Dia menjelaskan, sampai kini pihaknya masih memroses data masyarakat berpenghasilan rendah yang menjadi sasaran program bedah rumah.

Setelah pendataan selesai dilaksanakan maka tender proyek tersebut akan segera dilaksanakan.

Ia mengatakan, pemkot mengalokasikan dana untuk program tersebut Rp10 juta per unit rumah.

Dengan rincian bahan bangunan senilai Rp9 juta untuk perbaikan rumah sedangkan Rp1 juta diberikan tunai sebagai upah.

Menurut dia, sasaran prioritas proyek tersebut di kawasan Seberang Ulu karena mayoritas pemukiman padat di Kecamatan Seberang Ulu I dan Kertapati dan Seberang Ulu II.

Sejumlah kriteria penerima program bedah rumah adalah warga berpenghasilan rendah yang bekerja di sektor non formal dengan penghasilan kurang dari Rp1,5 juta per bulan, dan rumah yang dibedah tersebut harus milik pribadi bukan menyewa atau menumpang.

Albert menambahkan, seribu unit bedah rumah tersebut program pemkot setempat.

Selain itu, Kementerian Perumahan Rakyat juga telah menyiapkan program serupa, hanya saja sampai kini kuota untuk Kota Palembang belum diketahui.