KPU Muba tetapkan perolehan suara PAN terbanyak

id kpu muba, pemilu legislatif, pan, pan unggul, partai, parpol

KPU Muba tetapkan perolehan suara PAN  terbanyak

Ilustrasi - Kampanye Akbar PAN dengan jurkam nasional Hatta Rajasa di Kota Palembang, Selasa (1/4).(Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...PAN unggul dalam perolehan suara partai dan caleg tingkat kabupaten di empat daerah pemilihan (Dapil) di 14 kecamatan dalam Kabupaten Muba...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menetapkan perolehan suara Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah setempat terbanyak dibanding 11 partai politik peserta Pemilu Legislatif 2014.

"Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Legislatif 9 April 2014, untuk tingkat Kabupaten Muba, PAN memperoleh suara terbanyak. Posisi kedua PDI Perjuangan, disusul ketiga Partai Golkar," kata Ketua KPU Kabupaten Muba Rustam Efendy Amilin di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, PAN unggul dalam perolehan suara partai dan caleg tingkat kabupaten di empat daerah pemilihan (Dapil) di 14 kecamatan dalam Kabupaten Muba.

Dalam pemilu tahun ini ditetapkan empat daerah pemilihan yakni Dapil I meliputi Kecamatan Sekayu, Keluang, dan Sungai Keruh, Dapil II meliputi Kecamatan Batang Hari Leko, Sanga Desa, Babat Toman, Plakat Tinggi, dan Kecamatan Lawang Wetan.

Kemudian Dapil III meliputi Kecamatan Bayung Lencir, Lalan dan Tungkal Jaya, serta Dapil IV meliputi Kecamatan Lais, Sungai Lilin dan Kecamatan Babat Supat.

Selain unggul dalam perolehan suara untuk DPRD kabupaten, PAN juga unggul dalam perolehan suara untuk DPRD provinsi.

Perolehan suara DPRD provinsi Dapil Sumsel IX peringkat pertama perolehan suara diraih PAN disusul PDI Perjuangan dan Golkar.

Sementara untuk DPR RI Dapil Sumsel I perolehan suara partai dan calon anggota legislatif terbanyak diraih partai Golkar, disusul PDI Perjuangan dan posisi ketiga PAN, katanya.

Dalam rapat pleno penghitungan suara, dilakukan juga penandatanganan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Kabupaten Muba dalam pemilu anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota oleh anggota KPU Muba dan saksi parpol peserta pemilu.

Setelah rekapitulasi tersebut dan diketahui gambaran perolehan suara terbanyak dan angka perolehan kursi masing-masing peserta pemilu, akan dilanjutkan dengan rapat penentuan caleg terpilih pada 11 - 14 Mei 2014, kata Rustam.