Palembang optimalkan pemberdayaan perempuan

id pemkot palembang, pemberdayaan perempuan

Palembang optimalkan pemberdayaan perempuan

Pemerintah Kota Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang mengoptimalkan pemberdayaan perempuan dengan fokus memerangi kekerasan terhadap kaum wanita di daerah tersebut, sebagai upaya mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Upaya merealisasikan perempuan dan anak Palembang terbebas dari praktik kekerasan serta diskriminasi telah kami upayakan dengan dibentuknya Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan (P2TP2)," kata Ketua P2TP2 Palembang Masyito Romi Herton ketika dihubungi Senin.

Ia mengatakan, optimalisasi P2TP2 tersebut menjadi langkah untuk mendorong peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak di kota pempek.

Perempuan menjadi kunci keberhasilan dalam mendidik anak sehingga upaya mengoptimalisasi peran kaum hawa terus dilaksanakan.

Ia mengatakan, dengan beroperasinya P2TP2 pihaknya menargetkan perempuan akan lebih terbuka dalam melaporkan setiap masalah kekerasan yang mereka alami.

Tim pendampingan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan disiapkan secara optimal sehingga setiap yang melapor akan segara ditindaklanjuti sesuai dengan tingakatan yang dialami korban.

Dia menjelaskan, bukan hanya pendampingan secara psikis yang akan dilakukan pendamping tetapi kalau diperlukan juga dilakukan sampai ke advokasi hukum.

Hal itu, tergantung dengan berat dan ringannya tindakan kekerasan yang dialami perempuan dan anak.

Masyito menambahkan, selain itu pihaknya juga akan mengoptimalkan pemberdayaan ekonomi kepada perempuan.

Dengan target perempuan Palembang bebas dari kekerasan dan mandiri dalam perekonomian.