Pembalap sepeda Sumsel gabung klub profesional

id balap sepeda, atlet balap sepeda sumsel

Pembalap sepeda Sumsel gabung klub profesional

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Atlet Sumatera Selatan Yeppy Kurniawan bergabung dengan klub profesional Kentucky Fried Chicken di Jakarta sejak Juni 2013, namun tetap tercatat sebagai pebalap daerah asal, kata pelatih balap sepeda Sumsel Mustakim.

"Yeppy tetap menjadi atlet Sumatera Selatan, meskipun teman-temannya di klub KFC memilih beralih menjadi atlet DKI Jakarta," kata Mustakim di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan, diperkenankannya pebalap berusia 23 tahun itu tetap menjadi atlet Sumsel oleh manajemen klub, karena tercatat sebagai satu-satunya atlet asal Sumatera.

"Setelah seorang atlet asal Sumatera Utara pindah ke klub di Sidoarjo dan menjadi atlet Jawa Timur, maka praktis tinggal Yeppy yang tersisa di Sumatera. Karena ini, manajemen KFC tidak memaksa untuk pindah ke DKI Jakarta," ujarnya.

Menurut dia, pihak manajemen klub juga memiliki kepedulian untuk pengembangan olahraga balap sepeda di Sumatera, mengingat selama ini terkonsentrasi di Jawa.

"Sulit untuk mendapatkan seorang atlet balap sepeda karena dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain harga sepeda yang relatif mahal, juga harus didukung asupan gizi yang memadai," katanya.

Sementara ini, ia menerangkan Yeppy bergabung dalam tim inti touring KFC bersama enam atlet profesional lainnya.

Tiga ajang nasional telah diikutinya, yakni Tour Singkarak, Tour Siak, dan Tour Banyuwangi.

Selama menjadi atlet profesional, peringkat ke-9 nasional ini ditempatkan di sebuah penginapan, mendapat uang saku bulanan, serta asupan gizi yang sesuai standar olahragawan.

"Bagi Sumsel, bergabungnya Yeppy dengan klub profesional ini menjadi keuntungan tersendiri, karena atlet akan terjamin pola latihan dan pola makanannya, sehingga ketika turun pada PON Jabar tahun 2016 akan tampil maksimal," ujar mantan atlet nasional ini.

Sementara itu, prestasi olahraga balap sepeda Sumsel belum berbicara di tingkat nasional, dan sebatas menjadi peserta pada Pekan Olahraga Nasional XVIII di Riau pada 2012.