Caleg DPD-RI Percha raih suara terbanyak

id percha, caleg percha raih suara terbanyak

Caleg DPD-RI Percha raih suara terbanyak

Percha Leanpuri dengan Isac (FOTO Antarasumsel.com/Susi)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Calon anggota DPD RI atas nama Hj Percha Leanpuri, putri seorang bupati utusan daerah pemilihan Sumatera Selatan pada Pemilu 9 April 2014 berdasarkan penghitungan sementara meraih 50.787 suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Wijaya yang ditemui seusai rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara KPU setempat di Baturaja, Minggu, mengatakan Percha memperoleh suara tertinggi dibandingkan calon anggota DPD daerah pemilihan (Dapil) Sumsel lainnya.

Perolehan suara puteri sulung Bupati OKU Timur H Herman Deru itu memang sudah jauh meninggalkan sainggannya. Kemenangannya pada pemilu dalam dua priode berturut turut ini sangat signifikan.

Selanjutnya, berdasarkan total suara sementara partai dan caleg di Kabupaten OKU, antara lain Golkar 33.040 suara diperkirakan mendapat enam kursi.

Kemudian, Demokrat memperoleh 19.904 suara (4 kursi), PDIP dengan perolehan 19.380 suara (4 kursi), PAN 17.089 suara (3 kursi), PKB 15.826 suara (3 kursi).

Selanjutnya PPP memperoleh 14.656 suara (2 kursi), Partai Nasdem 14.387 suara (3 kursi), PKS 14.085 suara, (4 kursi), Partai Hanura 11.741 suara (2 kursi), Gerindra 9.797 suara (1 kursi) dan PKPI memperoleh 8.055 suara (1 kursi).

Pantauan di lapangan, selesai rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pileg di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Baturaja dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Partai Politik dan Calon Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta anggota DPD tahun 2014.

Sementara itu, kata Naning, yang paling mengejutkan terdapat nama yang sudah meninggal dunia atas nama H Nuriswanto caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Gerindra menang di Kecamatan Lubukraja dengan perolehan 403 suara.

Bahkan total perolehan suara H Nuriswanto di Kabupaten OKU menempati nomor urut dua dengan perolehan 2.705 suara setelah caleg nomor urut 9 atas nama Sri Meliyana dengan perolehan 5.571 suara.

Dikatakannya, hasil perolehan suara caleg tersebut memang menjadi pembicaraan hangat di Kabupaten OKU.

Sejumlah warga OKU khususnya pedagang di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Baturaja mengaku tidak mengenal sosok Nuriswanto.

"Saya tidak mengenal H Nuriswanto, hanya melihat posternya saja yang berukuran besar di pasar, ya saya coblos saja," kata Yani pedagang ayam potong di Pasar Atas Baturaja.