PHRI Sumsel galakkan promosi pariwisata

id phri, promosi pariwisata, potensi daerah, kunjungan wisatawan, wisman, turis asing, hunian hotel

PHRI Sumsel galakkan promosi pariwisata

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Kegiatan promosi itu digalakkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegera ke daerah ini yang sekaligus diharapkan pula dapat meningkatkan hunian hotel dan kunjungan ke restoran...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan pada 2014 ini berupaya menggalakkan promosi pariwisata provinsi setempat ke berbagai daerah di dalam negeri dan sejumlah negara pasar potensial pariwisata mancanegara.

"Kegiatan promosi itu digalakkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegera ke daerah ini yang sekaligus diharapkan pula dapat meningkatkan hunian hotel dan kunjungan ke restoran," kata Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiudin di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan, promosi pariwisata daerah ini digalakkan melalui penyebaran brosur yang berisi informasi mengenai objek wisata unggulan pada setiap daerah untuk tamu hotel dan restoran, serta mitra usaha anggota PHRI di dalam maupun luar negeri.

Sumsel memiliki cukup banyak objek wisata yang menarik seperti wisata budaya, sejarah, alam, dan wisata kuliner, potensi daerah tersebut tidak mungkin dikenal dan dapat menarik wisatawan nusantara dan mancanegera berkunjung ke provinsi ini tanpa promosi yang baik dan dilakukan secara terus menerus, katanya.

Menurut dia, anggota PHRI Sumsel berkepentingan membantu mempromosikan pariwisata di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu sehingga banyak wisatawan datang ke daerah ini.

Dengan banyaknya wisatawan berkunjung ke daerah ini bisa meningkatkan jumlah penghuni hotel dan kunjungan ke restoran.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pengelola hotel dan restoran anggota PHRI, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini rata-rata setiap tahunnya lebih dari 40 ribu orang.

Sedangkan jumlah wisatawan nusantara dari berbagai provinsi di Tanah Air setiap tahunnya berkunjung ke Sumsel mencapai tiga juta orang.

Dalam kondisi jumlah kunjungan wisatawan tersebut, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni lebih dari 60 persen.

Melalui berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara tersebut, diharapkan ke depan bisnis perhotelan dan restoran semakin cerah, serta semakin banyak investor tertarik menanamkan modalnya ke Sumsel, ujar Herlan.