PDAM OKU putuskan sambungan 71 pelanggan nunggak

id pdam, putuskan 71 sambungan pelanggan nunggak

 PDAM OKU putuskan sambungan  71 pelanggan nunggak

Instalasi pengelolaan air PDAM (Foto: Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan hingga Maret 2014 telah memutus sambungan 71 pelanggan di wilayah itu, karena menunggak tagihan termasuk yang melakukan pencurian air milik perusahaan tersebut.

"Selain itu faktor lain penyebab pemutusan sambungan ialah atas permintaan pelanggan sendiri," kata Direktur Perusahaan daerah air minum (PDAM) Ogan Komering Ulu (OKU), Jufri Oesman melalui Kepala Bagian Tehnik, Asril di Baturaja, Jumat.

Dikemukakannya, pemutusan sambungan tersebut jumlahnya meningkat dibanding tahun sebelumnya hanya sebanyak 60 pelanggan yang menunggak bayar tagihan.

Besaran tunggakan hingga Maret 2014 itu, kata dia, mencapai Rp3,6 Milyar dan diharapkan para pelanggan dapat menyelesaikan tagihan yang harus dibayar secepatnya.

"Para pelanggan saya imbau untuk datang ke Kantor PDAM OKU untuk membicarakan masalah ini dan mencari jalan keluar yang terbaik," katanya.

Dikatakannya, sejauh ini pihaknya telah melakukan upaya memanggil pelanggan yang bermasalah guna menekan angka tunggakan tagihan air di PDAM.

Namun, sejumlah pelanggan beralasan tidak bisa membayar tagihan air karena tidak punya uang serta alasan air tidak mengalir ke rumah warga.

"Kalau begini tentunya kami yang dirugikan, karena biaya operasional PDAM selama satu bulan mencapai Rp1,3 Milyar hingga Rp1,4 Milyar," ungkapnya.

Dijelaskannya, biaya operasional tersebut dapat meningkat saat musim hujan, karena penggunaan bahan kimia seperti kaporit dan tawas pasti akan lebih banyak disebabkan tingkat kekeruhan air baku yang dihisap pompa sangat tinggi.

"Hal itulah yang menyebabkan perusahaan merugi, sehingga kami gencar menagih dan melakukan tindakan tegas bagi pelanggan yang nunggak," tegasnya.

Asril menambahkan, meskipun tahun ini jumlah pemutusan sambungan pelanggan meningkat, namun pemasangan sambungan baru terus bertambah.

"Hingga Maret jumlah pelanggan baru tercatat sebanyak 117, sehingga total keseluruhan pelanggan PDAM OKU 2014 mencapai 13.000 sambungan," ujarnya.