Polres OKU amankan rekap penghitungan suara

id polres, polres oku amankan pleno rekap suara

Polres OKU amankan rekap penghitungan suara

Kapolres OKU AKBP Mulyadi SIk MH (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja, 18/4 (Antara) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan mengerahkan sebanyak 167 personel untuk mengamankan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu Legislatif 9 April lalu di wilayah setempat.

"Kami akan memperketat pengamanan saat rapat pleno yang digelar Sabtu (19/4) di Gedung SKB Baturaja," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Mulayadi di Baturaja, Jumat.

Dikatakan Kapolres, jumlah personel yang diterjunkan itu bertugas untuk pengamanan terbuka dan tertutup seperti di lokasi Gedung SKB Baturaja, area parkir, simpang tangsi dan simpang Desa Baturaja Lama.

Kemudian, menjaga pintu masuk Rumah Dinas Bupati, Rumah Dinas Kapolres, pos 903 Ramayana, dan kawasan subsektor Pasar Atas Baturaja.

"Untuk bagian patroli mengerahkan unit lantas dan walet sabhara, dalmas, polres serta Satpol PP," ungkapnya.

Ditegaskannya, setiap orang yang masuk ke Gedung SKB wajib menggunakan ID Card atau identitas diri telah disiapkan oleh KPU OKU termasuk rekan-rekan media, baik cetak maupun elektronik.

Menurut dia, di pintu masuk gerbang SKB dilakukan pemeriksaan ID Card oleh petugas KPU dan kepolisian termasuk barang dan tas yang dibawa guna menciptakan pemilu aman, lancar dan kondusif.

"Kecuali unsur Muspida tidak diharuskan memakai identitas karena sebagai undangan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU OKU, Naning Wijaya secara terpisah mengatakan rapat pleno dijadwalkan selama satu hari.

Hal itu disebabkan pihaknya dijadwalkan pada Senin (21/4) sudah ada di Palembang untuk melakukan rapat pleno tingkat provinsi.

"Jadi meskipun harus bekerja sampai malam, rapat pleno rekapitulasi ini harus diselesaikan," tegas Naning.

Untuk tahapan rekapitulasi pengitungan, kata Naning, pertama mereka akan merekap hasil penghitungan suara DPR RI, DPD diteruskan DPRD Provinsi dan yang terakhir perekapan perolehan suara DPRD Kabupaten.

"Pelaksanaan mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Untuk hasil perolehan sementara kita belum tahu. Besok akan kita hitung sama-sama," katanya.