Wamen : Pemerintah penuhi kebutuhan dasar daerah

id musi iv, pembangunan jembatan musi iv

Wamen : Pemerintah penuhi  kebutuhan dasar daerah

Pembebasan lahan pembangunan jembatan Musi IV segera dilaksanakan (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di daerah dengan menetapkan program jangka menengah nasional.

Fasilitas yang mendasar itu harus dibangun merata hingga ke daerah-daerah, kata Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional pada cara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, fasilitas yang mendasar seperti air bersih dan listrik itu penting tersedia sehingga hal tersebut harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan.

Selain itu dengan adanya kebutuhan dasar di setiap daerah maka hal tersebut juga sebagai bentuk dalam melaksanakan pemerataan pembangunan terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Yang jelas sekarang ini pemerintah terus melaksanakan pembangunan hingga ke daerah-daerah supaya tingkat kesejahteraan masyarakat terus membaik, katanya.

Jadi pembangunan harus merata sehingga tidak ada lagi daerah yang tertinggal terutama fasilitas dasarnya, kata Wamen.

Sementara untuk pembangunan daerah harus disesuaikan dengan rencana pembangunan jangka menengah dan panjang nasional.

Bahkan, dalam membuat rencana pembangunan harus disesuaikan dengan peraturan pusat sehingga pelaksanaannya berjalan lancar..

Khusus untuk Sumsel pihaknya telah memprogramkan pembangunan Musi VI yang anggarannya akan didanai melalui APBN, katanya.

Pihaknya akan memperjuangkan realisasi Musi VI itu yang diharapkan pada 2015 dananya sudah dapat direalisasikan.

Namun, Pemerintah Provinsi Sumsel harus menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan di daerah sehingga pembangunan jembatan tersebut cepat terwujud.