21 orang peserta UN di Lapas Lubuklinggau

id lapas, warga binaan un di lapas

21 orang peserta  UN di Lapas Lubuklinggau

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 21 orang peserta warga binaan dan masyarakat sekitar mengikuti Ujian Nasional kejar paket C yang diselenggarakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, hingga Rabu.

Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) paket C itu seluruhnya sebanyak 21 orang terdiri atas delapan orang warga binaan, satu orang siswa SMA sebagai tahanan Kejaksaan Negeri dan sisanya warga sekitarnya, kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Lubuklinggau A Galih melalui stafnya M Yuhni, Rabu.

Ia mengatakan, pengawasan pelaksanaan UN tersebut sama dengan sekolah umum lainnya yakni dibantu tiga pengawas dari kepolisian, petugas lapas dan pengawas dari sekolah.

Lokasi pelaksanaan UN itu berada di dalam lapas dekat dengan Blok Anggrek tempat warga binaan wanita, kapasitasnya mencapai 30 orang.

Selama UN berjalan dan terakhir hari ini cukup lancar dan tertib, sedangkan pelaksanaannya dilakukan usai sekolah umum UN yakni mulai Pukul 13.00-16.00 WIB.

Diberikan kesempatan kepada masyarakat umum di luar lapas mengikuti UN tersebut, karena tersedia ruangan khusus sarana pendidikan.

"Kami setiap tahun menggelar UN di lapas tersebut untuk memberikan kesempatan kepada warga binaan guna menambah ilmu selama mereka dalam tahanan, namun dikhususkan pada warga binaan yang telah lama diberdayakan," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Lubuklinggau H Mustopa mengatakan pelaksanaan UN di lapas itu tidak hanya tingkat SMA ( paket C), tapi pada tingkat SMP (Paket B) dan tingkat Sekolah Dasar (Paket A).

Pada pelaksanaan hari pertama UN di lapas itu dikunjungan Wakil Wali Kota H Sulaiman Kohar dan unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah, ujarnya.