Harga lada putih di Palembang Rp158 ribu

id lada putih, harga lada, pasar tradisional, pedagang lada

Harga lada putih di Palembang Rp158 ribu

Ilustrasi - Komoditas lada (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga lada putih di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Rabu tercatat Rp158.000 per kilogram, naik dibandingkan kondisi dua pekan sebelumnya Rp156.000 per kg.

Kenaikan harga tersebut disebabkan pasokan barang dari daerah sentra produksi melalui pedagang pengumpul jumlahnya terbatas, kata pegawai Toko Rempah-rempah "Melati" di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang, Rabu.

Menurut pegawai toko tersebut, harga lada putih memang sejak dua bulan terakhir terus bergerak naik, karena di samping pasokan barang berkurang, juga nilai tebus dari agen lebih tinggi.

Sedangkan daya beli masyarakat, cenderung stabil artinya tidak terjadi lonjakan jumlah permintaan.

Menurut dia, selama beberapa pekan terakhir memang permintaan konsumen stabil, dan biasanya akan terjadi peningkatan menjelang hari besar keagamaan seperti mendekati Idul Fitri dan Idul Adha.

Selain lada putih, harga rempah-rempah yang cenderung terus bergerak naik adalah bunga cengkin kering.

"Sekarang ini harga bunga cengkih kering ditetapkan pedagang kisaran Rp170 ribu hingga Rp172 ribu per kg," kata pedagang lainnya di pasar yang sama.

Padahal kondisi akhir tahun 2013 masih kisaran Rp140.000 per kg, setelah itu harga terus bergerak naik menyusul pasokan bunga cengkih semakin berkurang.

Masih menurut pedagang, di tahun 2013 harga bunga cengkih kering dengan lada putih berbeda jauh, karena saat itu harga lada putih hanya kisaran Rp60.000, sekarang harga kedua komoditas tersebut hampir sama.

Pantauan Antara, di kawasan Pasar 16 Ilir pusat pasar tradisional terbesar di Sumatera Selatan terdapat belasan pedagang penyalur remah-rempah termasuk lada putih dan bunga cengkih.

Memang hampir seluruh pedagang menyediakan stok kedua komoditas hasil perkebunan tersebut jumlahnya terbatas.