Sumsel bentuk tim pembangunan transmisi listrik Sumatera

id transmisi listrik sumatera, dians pertambangan, dukung, pembangunan listrik, listrik, transmisi listrik, jaringan listrik

Sumsel bentuk tim pembangunan transmisi listrik Sumatera

Ilustrasi - Pemasangan jaringan listrik. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Dinas Pertambangan Provinsi Sumsel segera membentuk tim daerah untuk mempelancar pembangunan transmisi tersebut...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan segera membentuk tim pembangunan transmisi listrik Sumatera untuk mempelancar realisasi jaringan tersebut supaya dapat mengantisipasi kekurangan listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara.

Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Sumsel Robert Heri usai menghadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada wartawan di Palembang, Rabu mengatakan, pihaknya segera membentuk tim daerah untuk mempelancar pembangunan transmisi tersebut.

Tim itu nantinya akan menampung dan mendata jalur yang akan dilalui transmisi tersebut supaya pembangunan dapat dilaksanakan secepat mungkin.

Begitu juga tim akan mendata lahan yang dilalui termasuk ganti ruginya supaya pembangunananya tidak menjadi kendala lagi.

Ketika ditanya peran serta Pemerintah Provinsi Sumsel dalam pembangunan transmisi tersebut, dia mengatakan, masih akan dibahas dan kemungkinan akan menjadi penyerta modal.

Pembangunan transmisi tersebut tidak lain untuk memenuhi kebutuan listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara, kata dia.

Hal ini karena Sumsel sudah kelebihan energi listrik sehingga perlu disalurkan ke daerah lain melalui pembangunan transmisi.

GM PT PLN (Persero) Wilayah S2JB Paranai mengatakan, memang dalam pembangunan listrik pihaknya sering terkendala lahan.

Ada gardu listrik sekarang sudah rampung tetapi untuk menyaluran listriknya masih terkendala pembangunan transmisi karena lahan, kata dia.

Oleh karena itu dengan dibentuknya tim tersebut diharapkan jaringan transmisi listrik Sumatera itu secepatnya terealisasi, tambah dia.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi yang dipimpin pelaksana tugas Sekda Pemerintah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman disebutkan antara lain transmisi tersebut dibangunan dari Sumsel menuju Sumatera Utara dengan panjang 1.120 kilometer berkasitas 500 KV.

Sumsel sendiri transmisi direncanakan dari Kabupaten Muaraenim menunju Musirawas Utara selanjutnya Sorulangon Bangko, Jambi.