Nilai tukar rupiah menjadi Rp11.431

id rupiah, nilai tukar rupiah

Nilai tukar rupiah menjadi Rp11.431

Uang rupiah (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi bergerak melemah sebesar empat poin menjadi Rp11.431 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp11.427 per dolar AS.

"Kondisi politik yang belum pasti masih menjadi perhatian pelaku pasar keuangan di dalam negeri sehingga mata uang cenderung berfluktuasi melemah," kata Pengamat Pasar Uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pelaku pasar uang masih menunggu kepastian dari calon Presiden RI mendatang, dan selanjutnya pelaku pasar akan menentukan langkahnya dalam berinvestasi.

"Dalam fase ini pergerakan rupiah akan cenderung bergerak di kisaran yang terbatas," ucapnya.

Dari sisi fundamental, Rully Nova menambahkan bahwa mata uang masih berpotensi menguat seiring dengan fundamental ekonomi Indonesia yang masih cukup kuat.

"Laju inflasi masih terjaga, dan neraca perdagangan Indonesia mengalami tren surplus meski secara akumulasi masih mencatatkan defisit," kata dia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada menambahkan bahwa masih adanya aliran dana asing masuk ke dalam pasar keuangan domestik akan dapat membuat mata uang rupiah bergerak berbalik arah ke area positif.

"Dana asing yang masuk ke pasar dapat membuat laju rupiah kembali bergerak naik terhadap dolar AS," katanya.