Pemkot ajak warga jaga kebersihan sungai

id sungai, pemkot palembang, sungai musi, bantaran, ajak warga

Pemkot ajak warga jaga kebersihan sungai

Taman dan pusat kuliner di bantara Sungai Musi Kota Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang mengajak warga di daerah tersebut khususnya yang bermukim di bantaran sungai agar terlibat aktif menjaga kebersihan saluran air tersebut.

"Peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai dan drainase menjadi kunci keberhasilan menciptakan kota yang bersih dan ramah lingkungan," kata Kepala Bagian Pembangunan Pemkot Palembang K Zulkarnain, Selasa.

Menurut dia, tahap awal pihaknya mensosialisasikan kepada aparat tingkat kecamatan dan kelurahan serta satuan kerja perangkat daerah untuk perekrutan fasilitator menjaga kebersihan sungai dari masyarakat.

Setiap kecamatan akan diajak empat fasilitator yang bertugas meningkatkan peran serta warga dalam menjaga kebersihan sungai dan drainase.

Ia mengatakan, perwakilan warga atau fasilitator tersebut nantinya akan dibekali pengetahuan terkait dengan pentingnya menjaga kualitas lingkungan.

Dengan kaitan kebersihan lingkungan sangat erat dengan kualitas kehidupan secara pribadi karena itu setiap masyarakat didorong berperan aktif menjaga, katanya.

Selain itu, dia menjelaskan, peningkatan peran aktif masyarakat tersebut nantinya akan berdampak terciptanya kecintaan terhadap kebersihan sungai dan saluran air di daerah pemukiman mereka.

Masyarakat pun, akan menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan sungai termasuk penerapan regulasi yang tegas terhadap pelanggar yang membuang sampah ke sungai.

Hal senada diungkapkan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkot Palembang Hardayani, optimalisasi peran masyarakat tersebut menjadi salah satu upaya untuk merealisasikan sinergi program pemerintah dengan kepentingan warga.

Dimana, masyarakat juga akan mengedepankan kerja bergotong royong dalam meningkatkan kebersihan di daerah aliran sungai, katanya.

Dia menambahkan, imbasnya tentu ke depan Palembang tidak hanya dikenal dengan berbagai keunikan objek wisata tetapi juga menjadi kota yang memiliki sungai dan drainase bersih.

Tersebarnya informasi terkait dengan kebersihan lingkungan di bumi Sriwijaya ini tentu akan berdampak banyak bagi pemerintah maupun masyarakat sehingga juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat.