Kuota haji Sumsel 2014 tidak berubah

id haji, kuota haji sumsel tak berubah

Kuota haji Sumsel 2014 tidak berubah

Jamaah haji (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Najib Haitami mengatakan, kuota calon haji daerah tersebut musim haji tahun 2014 tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Kuota calon haji Sumsel tahun ini tidak ada perubahan dan sama dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 5.044 orang, kata Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Najib Haitami di Palembang, Selasa.

Menurut dia, seharusnya kuota calon jamaah haji Sumsel tahun ini ada peningkatan, karena jumlah masyarakat di daerah ini mendaftarkan semakin banyak yang menambah deretan daftar tunggu semakin panjang.

Padahal pihaknya terus mengusulkan untuk mendapatkan tambahan kuota dengan alasan jumlah daftar daftar tunggu calon haji terus bertambah.

Memang, penetapan kuota calon jamaah haji wewenang pemerintah pusat, karena jatahnya dibagi ke seluruh Indonesia.

Sementara, calon jamaah haji asal Sumsel musim haji tahun ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci akhir Agustus mendatang, katanya.

Namun, lanjut dia, sebelum berangkat calon jamaah haji itu harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan berbagai persyaratan termasuk kesehatan.

Hal itu penting karena dalam melaksanaan ibadah haji perlu fisik yang kuat, sehingga kesehatan diutamakan.

Selain calon haji Sumsel juga akan diberangkatkan dari Embarkasi Palembang adalah jamaah dari Bangka Belitung.

Ia berharap, calon jamaah haji asal Sumsel termasuk Bangka Belitung yang akan menunaikan rukun Islam kelima tersebut diharapkan nantinya dapat melaksanakan ibadah secara khusuk supaya menjadi haji mabrur.