DPRD Muba minta semua pihak awasi Ujian Nasional

id muba, un, awasi pelaksanaan un, disdikbud muba, ajak awasi un, ujian nasional

DPRD Muba minta semua pihak awasi Ujian Nasional

Ilustrasi Foto Humas Muba)

...Suksesnya penyelenggaraan Ujian Nasioanl (UN) bukan hanya tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba saja, tetapi tanggung jawab kita semua...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Dearah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan Uzer Effendi meminta semua pihak mengawasi pelaksanaan ujian nasional tingkat Sekolah Menegah Atas dan sederajat yang sedang berlangsung sekarang ini.

"Suksesnya penyelenggaraan Ujian Nasioanl (UN) bukan hanya tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba saja, tetapi tanggung jawab kita semua," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Dearah (DPRD) Musi Banyuasin di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat, pelaksanaan UN hari pertama, Rabu (14/4) telah berjalan cukup baik.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikbud Muba Khairunsyah menjelaskan pelaksanaan UN hari pertama berjalan lancar, tertib, dan tidak ditemukan kecurangan, baik guru yang berupaya menjadi "joki" untuk membantu siswanya maupun siswa yang mencoba melakukan kecurangan mengggunakan kunci jawaban soal dan kecurangan lainnya, katanya.

Dia mengharapkan, pelaksanaan UN yang telah berjalan dengan baik itu, dapat dipertahankan hingga seluruh kegiatan ujian yang dijadwalkan berlangusng hingga 16 April 2014 itu berlangsung sukses.

Untuk menyukseskan penyelenggaraan UN dan meningkatkan kualitas lulusan SMA dan sederajat di kabupaten ini, diharapkan partiisipasi dari semua pihak dan lapisan masyarakat.

"Semua pihak dan lapisan masyarakat di Kabupaten Muba harus melakukan monitoring dan pengawasan yang ketat terhadap pelksanaan UN, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari serta berdampak buruk pada proses pendidikan di daerah ini," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba H.M Yusuf Amilin menjelaskan, UN tahun 2014 ini diikuti 7.008 siswa dengan perincian 4.347 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA), 1.315 siswa Paket C, serta 1.346 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pelaksanaan UN yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari (14-16 April) itu diupayakan berlangsung dengan lancar dan tertib sesuai jadwal yang ditentukan dengan target kelulusan 100 persen.

Target kelulusan itu optimistis bisa dicapai karena pada tahun sebelumnya pencapaian kelulusan sebesar 99,98 persen untuk tingkat SMA dan 100 persen tingkat SMK, ujarnya.