Pemprov Sumsel bentuk komunitas sepeda

id kadispora, komunitas sepeda

Pemprov Sumsel bentuk komunitas sepeda

Syaidina Ali, Kadispora Sumsel (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera membentuk komunitas sepeda untuk memasyarakatkan olahraga bersepeda bagi para karyawan di lingkungan pemda setempat.

Kadispora Provinsi Sumsel, Syaidina Ali, seusai rapat persiapan pembentukan komunitas sepeda di Palembang, Sumsel, Senin, mengatakan, setiap dinas akan diambil sepuluh orang untuk menjadi anggota komunitas tersebut.

Menurut dia, selain pentingnya berolahraga, pembentukan komunitas tersebut sesuai dengan instruksi gubernur dan sekda supaya pemprov Sumsel memasyarakatan olahraga bersepeda, khususnya bagi para karyawan.

"Memang saat ini komunitas sepeda sudah ada dan rutin dilakukan seperti anggota TNI dan Polri. Sehubungan itu gubernur juga menginginkan hal yang sama bagi pegawai di lingkungan pemprov Sumsel ada komunitas," katanya.

Namun yang lebih penting dari komunitas tersebut adalah agar semua pegawai bisa mencerminkan hidup sehat melalui olahraga bersepeda.

Selain itu juga untuk menurunkan polusi udara karena melalui kegiatan bersepeda itu udara akan tetap bersih.

"Jadi bila sudah resmi terbentuk pihaknya akan menjadwalkan kegiatan seminggu sekali mengayuh sepeda bersama," ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, komunitas sepeda direncanakan mulai berjalan pada Mei mendatang sekaligus akan dilaksanakan uji coba.

Menurut dia, supaya lalu lintas tetap lancar saat bersepeda pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk mengawal kegiatan tersebut sehingga jalan umum tidak terganggu.