Imigrasi Palembang siapkan tim pelayanan paspor haji

id imigrasi, paspor haji, pelayanan papsor haji, imigrasi palembang

Imigrasi Palembang siapkan tim pelayanan paspor haji

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Bogi Widiantoro. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Sekarang mulai dipersiapkan tim, dan beberapa fasilitas pendukung untuk melayani pembuatan paspor haji bagi masyarakat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Imigrasi Kelas I Palembang mulai mempersiapkan tim pelayanan pembuatan paspor haji dari lima kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

"Sekarang mulai dipersiapkan tim, dan beberapa fasilitas pendukung untuk melayani pembuatan paspor haji bagi masyarakat di Kota Palembang, Kabupaten Banyu Asin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Bogi Widiantoro, Senin.

Sedangkan pembuatan paspor haji bagi calon jemaah dari kabupaten dan kota lainnya, sesuai dengan pembagian wilayah kerja pelayanan masyarakat di bidang keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumsel, diproses melalui Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, katanya.

Dia menjelaskan pelayanan pembuatan paspor haji untuk musim haji 1435 Hijriyah belum ditentukan waktunya, karena tergantung permintaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan.

Mengenai kepastian waktunya belum ditentukan, namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya pelayanan pembuatan paspor haji berlangsung pada Mei atau Juni.

"Pada prinsipnya jajaran Imigrasi siap memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah, karena tim yang disiapkan sekarang ini siap bertugas kapanpun ada permintaan dari Kanwil Kemenag Sumsel," ujarnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, calon jamah haji yang diproses paspornya di Kantor Imigrasi Kelas I Palembang sekitar 4.000 orang.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon jamaah haji itu, disiapkan loket khusus pelayanan paspor haji yang seperti biasanya dibuka setiap hari sesuai jadwal yang ditetapkan mulai pukul 14.00-17.00 WIB.

Dengan dibukanya loket pelayanan khusus bagi calon jamaah haji tersebut, diharapkan kegiatan pelayanan pembutan papsor bagi masyarakat umum dan pelayanan dokumen keimigrasian lainnya dapat berjalan dengan baik, kata Bogi.