Kemenag OKU BPIH tahun ini diperkirakan turun

id haji, kemenag oku perkirakan bpih tahun ini turun

Kemenag OKU BPIH tahun ini diperkirakan turun

Jamaah haji (FOTO ANTARA/AFP/ FAYEZ NURELDINE )

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan H Darami mengatakan bahwa terkait besaran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) pada 2014 diperkirakan turun dibandingkan tahun sebelumnya.

"Menurut informasi dari pusat, Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) tahun ini mengalami penurunan," katanya di Baturaja, Minggu.

Dikatakannya, meskipun BPIH mengalami penurunan, namun besaran nominalnya belum mengetahui secara pasti, karena belum ada petunjuk dari pusat.

Dikemukakannya, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Ogan Komering Ulu (OKU) juga belum dapat memastikan kapan pelunasan BPIH akan dimulai khususnya untuk jamaah di wilayah setempat.

Menurut dia, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi terkait BPIH, karena belum ada Keputusan Presiden (Keppres) tentang besaran ongkos perjalanan haji 2014.

"Jangankan waktu pelunasan, besaran biayanya saja kami belum tahu karena masih menunggu Keppres," ujarnya.

Ia menghimbau, khususnya para Calon Jamaah Haji (CJH) OKU yang akan diberangkatkan tahun ini agar tidak cemas dan tetap mempersiapkan diri menunggu jadwal keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Selain itu, lanjut dia, para jamaah juga diharapkan mempersiapkan biaya keberangkatan agar setelah keputusan besaran BPIH ditetapkan bisa segera dilunasi.

Kemudian, hendaknya tetap menjaga kesehatan agar pada saat keberangkatan kondisinya benar-benar fit dan melakukan manasik haji secara swadana.

"Yang tak kalah penting mempersiapkan dana untuk pelunasan BPIH, begitu Keppres sudah ada, dananya sudah siap," ungkapnya.

Sementara mengenai paspor untuk 195 orang calon jamaah haji dari Kabupaten Ogan Komering Ulu yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah 2014 saat ini sedang dalam proses penyelesaian.

Kepala Kantor Kementerian Agama OKU, H Darami di Baturaja, sebelumnya mengatakan bahwa Paspor 195 calon jamaah asal Ogan Komering Ulu sedang diproses pembuatan di Kantor Imigrasi kelas II Muara Enim.

Dia mengatakan, jumlah tersebut merupakan sebagian besar calon haji OKU dari total jumlah 257 orang yang akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Sedangkan sisanya 62 orang lagi sudah memiliki paspor, tinggal menunggu jadwal keberangkatan, katanya.(E Permana)