Lapangan terbang Sekayu dipersiapkan jadi bandara perintis

id bandara perintis, sekayu, badar udara, perpajang runway, landasan pacu, penerbangan

Lapangan terbang Sekayu dipersiapkan jadi bandara perintis

Ilustrasi - Bandara perintis. (FOTO ANTARA)

...Untuk menjadi bandar udara perintis, pada tahun anggaran 2014 ini sedang dilakukan penambahan runway sepanjang 250 meter...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Lapangan terbang Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, sekarang ini sedang dilakukan pembenahan dan perpanjangan landasan pacu untuk dipersiapkan menjadi bandar udara perintis.

Untuk menjadi bandar udara perintis, pada tahun anggaran 2014 ini sedang dilakukan penambahan landasan pacu (runway) sepanjang 250 meter dari kondisi sekarang ini 900 meter menjadi 1.150 meter, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin Pathi Riduan di Sekayu, Sabtu.

Kemudian proyek penambahan landasan pacu akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2015 hingga panjangnya mencapai 1.400 meter atau sesuai dengan standar menimal sebagai bandara perintis, katanya.

Dia menjelaskan, lapangan terbang yang terdapat di Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, yang dibangun untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di Sumsel pada 2004 itu, dalam 10 tahun terakhir terbengkalai karena tidak ada kegiatan terkait penerbangan atau pertandingan olahraga kedirgantaraan.

Potensi daerah yang cukup lama terbengkalai dan sering dijadikan sebagai tempat berbuat asusila serta tindak kejahatan lainnnya, akan dimanfaatkan kembali menjadi bandara perintis dengan melakukan penambahan landasan pacu, dan pembenahan fasilitas pendukung yang ada di lapangan terbang Sekayu itu, katanya.

Menurut dia, untuk menjadikan lapangan terbang Sekayu menjadi bandara perintis, sekarang ini sedang diajukan permohonan izin operasional kepada Direktorat Jenderal Perhubungan, Kementerian Perhubungan.

Tim Ditjen Perhubungan telah menanggapi permohonan izin tersebut dengan melakukan survei ke lapangan terbang Sekayu.

Kegiatan proyek penambahan panjang landasan pacu dan proses perizinan operasional lapangan terbang menjadi bandara perintis diharapkan berjalan sesuai rencana sehingga pada akhir tahun ini sudah bisa dilakukan uji coba.

Guna mengoptimalkan bandara perintis tersebut, selain untuk kegiatan penerbangan komersil, juga digunakan untuk pelatihan mekanik pesawat serta sekolah pernerbangan.

Sekarang ini beberapa maskapai penerbangan swasta telah melakukan pendekatan dan perjanjian dengan Bupati Muba Pahri Azhari akan mengoperasikan pesawatnya melayani masyarakat di Bumi Serasan Sekate ini dan menjadikan sebagai tempat pelatihan mekanik dan sekolah penerbangan, kata Kadishubkominfo itu.