PPS Palembang mulai rekapitulasi perolehan suara

id kpu, pps mulai rekapitulasi perolehan suara

PPS Palembang mulai rekapitulasi perolehan suara

Komisioner KPU Palembang Syarifudin (Foto: antarasumsel.com/14/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Seluruh Panitia Pemungutan Suara di Kota Palembang, Jumat mulai melakukan rekapitulasi perolehan suara yang telah disampaikan Kelompok Panitia Pemungutan Suara.

"Seluruh PPS hari ini mulai melakukan rekapitulasi perolehan suara hasil pemungutan suara Pemilu Legislatif 9 April lalu," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Syarifuddin, Jumat.

Menurut dia, sesuai dengan jadwal untuk rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPS ini sampai 15 April 2014.

"Jadi, sekarang ini semua PPS di Kota Palembang sedang melakukan proses rekapitulasi perolehan suara," katanya.

Ia mengatakan, setelah selesai rekapitulasi di tingkat PPS maka dilanjutkan di tingkat PPK.

Berdasarkan pantauan Antara di Kelurahan 20 Ilir D III, Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, sedang berlangsung rekapitulasi perolehan suara yang disaksikan para saksi partai politik.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sumatera Selatan Ahmad Naafi menyatakan, waktu diberikan kepada PPS untuk merekapitulasi hasil penghitungan suara yang telah disampaikan oleh KPPS berakhir hingga 15 April 2014.

Ia menuturkan, rekapitulasi ini wajib dilaksanakan dan tidak bisa langsung direkapitulasi di tingkat PPK seperti Pemilu 2009.

Bagi yang sudah merekap di tingkat PPS dapat langsung disampaikan ke PPK, rekapitulasi di tingkat PPK bisa dimulai 13 -17 April 2014.

Sementara penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota setelah menerima penyampaian hasil rekapitulasi PPK dilaksanakan KPU mulai 19 - 21 April 2014.

Pengumuman rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota 20 - 22 April 2014.

Selanjutnya, penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten/kota kepada KPU Provinsi yakni 20 - 22 April 2014.

Kemudian, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi dilakukan 22 - 24 April 2014, jelasnya.